Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Headset

Headset adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan suara dan digunakan sangat dekat dengan telinga. Tujuan seseorang menggunakan headset adalah agar suara yang didengar lebih jelas dan untuk menghindari suara – suara dari luar.

Selain itu seseorang dapat bebas mendengarkan suara dengan volume yang disukai. Privasi seseorang untuk mendengarkan apapun sangat terjaga karena dengan menggunakan headset, orang lain tidak akan dapat mengetahui suara apa yang didengar. Selain digunakan untuk mendengarkan musik, headset juga sering dipakai saat seseorang melakukan video call atau hal lain yang berhubungan dengan komputer.

Menggunakan headset memang dapat menguntungkan bagi penggunaannya. Dengan adanya headset, seseorang dapat lebih bebas ketika mendengarkan suara apa pun. Tidak akan ada orang yang melarang atau pun marah ketika mendengarkan musik dengan volume yang tinggi sekali pun.

Pengguna headset juga dapat mendengarkan musik atau pun suara lainnya di tempat mana pun yang dia inginkan karena tidak akan mengganggu orang lain dengan suara yang didengar. Headset adalah alat yang kedap suara sehingga privasi masing – masing individu pun terjaga.. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Headset merupakan sebuah alat gabungan antara earphone dan mikrofon sehingga penggunanya dapat melakukan dua kegiatan sekaligus yaitu mendengarkan dan berbicara.

Namun demikian, penggunaan headset juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya. Terlalu sering menggunakan headset akan menyebabkan kerusakan pada organ pendengaran bahkan bisa sampai menyebabkan tuli. Apalagi jika pengguna sering mendengarkan suara dengan volume yang tinggi. Biasanya headset digunakan dengan volume yang tinggi untuk melawan suara dari luar. Semakin bising keadaan di sekitar, biasanya headset pun di stel dengan suara yang lebih kencang.

Hal tersebut dapat menyebabkan resiko yang sangat tinggi. Terlalu sering mendengarkan suara keras dapat menyebabkan tekanan pada koklea sehingga koklea menjadi rusak. Awalnya telinga yang sering menggunakan headset tidak akan merasakan perubahan apa pun.

Tetapi ketika headset dicabut, telinga akan terasa panas dan berdengung hebat. Jika hal ini sering terjadi, maka akan menyebabkan telinga menjadi tuli. Selain itu, jika seseorang mengenakan headset saat berkendara maka akan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu pakailah headset seperlunya. Jika digunakan secara bijaksana, maka tidak akan berakibat negative pada penggunanya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.