Perkembangan Teknologi di Bidang Panel Listrik

Panel listrik merupakan tempat pengaturan pembagi dan pemutus aliran listrik. Panel adalah susunan beberapa bidang yang membentuk suatu kesatuan bentuk dan fungsi. Pintu panel sebagai daun pintu yang terdiri atas beberapa keping papan kayu solid dirangkai oleh rangka atau RAM.
Panel kontrol listrik sebagai peralatan yang berfungsi mengatur dan mengendalikan beban listrik di bengkel listrik maupun industri yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Begitu pentingnya listrik bagi kehidupan menyebabkan banyak produsen panel listrik yang memproduksi box panel listrik.

Saat ini pun banyak produsen membuat box panel listrik dengan harga box panel listrik murah dan berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dalam pemasangan listrik baik di rumah, gedung, maupun pabrik. Panel yang digunakan ketika akan memasang listrik ada beberapa. Pertama, MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) pada panel ini menyalurkan tenaga listrik atau tegangan sebesar 20 Kz dari panel atau gardu PLN menuju LVMDP. Kedua, LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) panel distribusi tegangan rendah merupakan pusat pendistribusian power tenaga listrik sebelum disalurkan ke pengguna tenaga listrik di berbagai tempat.

Panel ini biasanya ditempatkan tepat di keluaran sumber atau power tenaga listrik, baik power listrik tersebut berasal dari trafo PLN, generator Set (Genset). Ketiga, panel CPGS (Control Panel Generator Set) merupakan panel yang berfungsi untuk mengontrol beberapa parameter kondisi generator pada saat bekerja. Keempat, panel tenaga merupakan panel yang berfungsi mendistribusikan, membagi, dan menyalurkan tenaga listrik dari panel induk tegangan rendah sampan dengan ke beban.

Dengan banyaknya produsen yang membuat box panel listrik saat ini dengan menawarkan harga box panel listrik yang murah dan berkualitas. Terdapat beberapa jenis panel yang digunakan untuk memasang listrik, yaitu panel LVMDP, panel MVMDP, panel CGS, dan panel tenaga.

Panel kontrol listrik sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan beban listrik di bengkel listrik maupun industri yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya dapat menggunakan beberapa jenis panel tersebut dalam pemasangan listriknya.       

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.