Tips Mengatasi Anak yang Susah Tidur Siang



Manfaat tidur siang untuk anak – anak sudah jelas akan dirasakan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak baik dari pertumbuhan fisik, psikis, mental, kecerdasan dan kemampuan kognitifnya, sehingga banyak orangtua yang berupaya agar anak – anaknya mau dan dapat tertidur siang agar merasakan manfaatnya. Pentingnya tidur siang bagi anak – anak tak hanya isapan jempol semata, tetapi telah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti terhadap anak – anak. Banyak faktor yang menyebabkan anak susah tertidur di siang hari, mulai dari tidak terbiasa tidur siang hingga terlalu asyik bermain. Akan lebih baik jika anda mengubah kebiasaan tersebut dengan melakukan beberapa langkah untuk membuat anak mudah tertidur di siang hari.
Cara mengatasi anak yang susah untuk tidur siang dapat anda mulai dengan langkah pertama yaitu memperhatikan ruangan tempat tidur anak, jangan membiasakannya untuk tidur di ruang tamu, ruang tv dan ruang makan, tetapi sebaiknya tidur siang dilakukan di dalam kamar sama halnya seperti tidur malam. Berikan suasana yang senyaman mungkin di tempat tidur anak, agar Ia lebih mudah tertidur dan mendapatkan kualitas dari waktu istirahat siangnya tersebut. langkah kedua anda dapat menceritakan dengan kosakata dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak – anak, cerita tersebut meliputi sebuah dongeng yang di dalamnya memuat akan manfaat melakukan tidur siang untuk anak. Melalui dongeng tersebut, maka anak akan lebih memahami pentingnya tidur siang, dan Ia pun tentu akan berusaha melakukannya karena usia anak – anak masih dalam proses meniru apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang disekitarnya, termasuk oleh orang yang ada di dalam dongeng yang anda ceritakan.
Selain cara di atas, terdapat cara lainnya seperti bagi anda yang memiliki anak di bawah usia 2 tahun akan lebih baik dan sehat jika tidak membiarkan anak tidur dalam pangkuan atau gendongan karena tidak baik untuk pertumbuhan fisiknya, anda dapat mengajaknya untuk tidur di atas kasur dengan membawa mainan yang disenanginya untuk menarik perhatiannya. Melakukan cara – cara tersebut di atas setidaknya dapat memberikan informasi untuk anda dalam mengatasi anak yang susah tidur siang, semoga manfaat tidur siang dapat dirasakan oleh anak – anak dan mereka mau tertidur dengan cara yang telah dijelaskan. 
Diberdayakan oleh Blogger.