Pengaruh Gadget Terhadap Anak


Pengaruh Gadget Terhadap Anak

Gadget merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti alat elektronik dengan fungsi yang khusus. Karakteristik unik, dengan sebuah unit kinerja yang tinggi berhubungan dengan ukuran dan biaya. Yang membedakan dengan perangkat lain adalah adanya unsur pembaruan artinya dalam beberapa kurun waktu ke depan pasti akan bermunculan teknologi baru untuk kehidupan yang lebih praktis. Di era modern ini perkembangan teknologi akan terus berkembang seakan tiada batas. Teknologi yang terus terbarukan dan diciptakan dengan sedemikian rupa untuk mempermudah pekerjaan dan kesudahan semua orang yang baik dan bernilai positif untuk kehidupan. Namun, di sisi lain bagaikan pisau bermata dua, sisi negatif pun selalu muncul dalam teknologi. Hal tersebut memanglah bukan hal tabu lagi, terlebih informasi yang tiada batas setiap hari tanpa mengenal batas waktu semakin mudah dengan adanya jaringan internet yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Di sisi positif tentu saja banyak yang didapatkan dengan menggunakan perangkat elektronik dengan segala kemudahannya memberikan informasi untuk berbagai kebutuhan dari mulai cuaca sampai perkembangan bisnis dengan memanfaatkan teknologi sekarang ini. Namun, pada sisi yang berbeda dengan adanya informasi yang tiada batas, sisi negatif pun selalu muncul terutama bagi kalangan anak-anak. Hal tersebut adalah salah satu tanggung jawab semua pihak untuk menyaring dan mendidik anak-anak supaya bisa menyaring informasi yang didapatkan untuk kegiatan positif. Banyak yang menjadi korban dengan hadirnya kecanggihan teknologi dewasa ini, banyak informasi yang tiada batasnya, berbagai kekerasan yang timbul salah satunya diakibatkan dengan meniru berbagai kejadian yang ada pada saat ini akibat adanya informasi dan komunikasi dengan adanya jaringan internet yang disediakan.

Belum lagi masalah kekerasan, sisi negatif yang lainnya adalah adanya situs dewasa yang bisa saja diakses oleh kalangan anak-anak yang belum saatnya menjadikan salah satu pemicu dan mengganggu perkembangan pada usianya. Hal tersebut adalah salah satu fenomena yang perlu di waspadai terlebih lagi haruslah ada pengawasan terutama dari orang tua yang bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan anaknya. Informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan gadget dan jaringan internet adalah salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh semua orang, namun di sisi lain harus memperhatikan sisi negatifnya agar selalu bijaksana dalam menggunakan kecanggihan di era informatika sekarang ini.

Diberdayakan oleh Blogger.