Cara Mengatasi Sakit Perut Menggunakan Cara Tradisional

Cara Mengatasi Sakit Perut Menggunakan Cara Tradisional

Sakit perut adalah salah satu jenis penyakit yang pernah dialami oleh setiap orang. Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya penyakit yang satu ini. Ada cukup banyak cara mengatasi sakit perut yang dapat anda jadikan sebagai pilihan terbaik. Salah satu diantaranya ialah mengatasinya melalui cara tradisional dengan mengkonsumsi beberapa jenis bahan tradisional yang dapat anda olah sendiri terlebih dahulu melalui cara yang mudah dan juga cepat. 

Berikut ini akan saya jelaskan bahan tradisional apa saja yang bisa anda jadikan sebagai obat terbaik dalam mengatasi sakit perut.

1 . Kencur

Kencur adalah salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai bumbu masak yang juga sering dijadikan sebagai obat tradisional. Dalam bahasa sunda, bumbu masak ini sering juga disebut dengan nama cikur yang tidak sulit untuk mendapatkannya. Bahan yang satu ini ternyata merupakan salah satu dari sekian banyak bahan tradisional yang bisa dibuat menjadi sebuah minuman berkhasiat, seperti beras kencur. Tentunya kencur ini sangat berkhasiat dalam mengobati sakit perut. Cara mengolahnya pun mudah, pertama – tama cuci sepotong kencur sebesar ibu jari, lalu kemudian parut serta tambahkan 2 sendok makan air matang. Peras airnya lalu minum sebanyak 1 kali sehari.

2 . Daun Cincau

Daun cincau biasanya digunakan sebagai campuran minuman tradisional yang menyegarkan yang biasa juga disebut sebagai es cincau. Akan tetapi, selain digunakan sebagai bahan minuman yang menyegarkan, ternyata cincau ini pun bisa dijadikan sebagai minuman yang berkhasiat dalam mengobati penyakit, diantaranya sepert sakit perut, tekanan darah tinggi, keracunan ketika seseorang mengkonsumsi udang serta meredakan demam. Dalam mengolahnya, pertama – tama daun diremas-remas dengan air sampai air tersebut menjadi hijau, biarkanlah menjadi seperti agar-agar lalu diminum bersama gula jawa. Jika tidak ingin cape membuatnya anda bisa langsung membelinya.

3 . Pegagan/Kaki Kuda

Cara mengatasi sakit perut berikutnya adalah menggunakan tanaman pegagan yang merupakan jenis tanaman yang juga disebut sebagai kaki kuda yang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis obat tradisional dalam menyembuhkan disentri, sakit perut, radang usus, batuk, sariawan ( digunakan sebagai obat kumur) dan juga sebagai peluruh air seni. Cara mengolahnya pun mudah, pertama anda ambil beberapa genggam daun pegagan terlebih dahulu lalu kemudian anda jemur hingga benar-benar kering. Setelah itu ambil daunnya yang sudah kering lalu rebus selama 15 menit. Air rebusannya kemudian anda saring lalu minum.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.