Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil


Ganti Oli Mobil- Hal yang terpenting dalam menjaga dan merawat kendaraan yang tepat adalah mengganti oli secara berkala. Oli yang tidak diganti akan menjadi kotor dan akan mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. Penggantian oli merupakan salah satu prosedur perawatan yang telah direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Untuk menghindari kerusakan mesin kendaraan, dianjurkan untuk mengganti oli mobil setiap 3.000 km.

Jangka penggantian oli memang tidak harus sama dengan apa yang direkomendasikan produsen. Penggantian oli ini juga perlu disesuaikan dengan penggunaan kendaraan sendiri, misalnya sering atau tidaknya mobil dikendarai dan jauh atau dekatnya jarak yang ditempuh oleh mobil anda. Saat mobil jarang dipakai atau untuk perjalanan dekat maka oli akan menjadi kotor . Untuk merek oli yang tepat untuk mobil anda adalah oli Top1 yang mempunyai kualitas yang bagus.

Saat Ganti Oli Mobil perlu juga untuk mengganti filter oli. Hal ini karena filter oli mempunyai fungsi menyaring partikel berbahaya yang akan menghilangkan fungsi oli sebagai pelumas sekaligus melindungi mesin kendaraan anda. Periode penggantian oli yang telah direkomendasikan oleh produsen kendaraan biasanya tidak lebih dari satu tahun. Namun, hal ini juga dipengaruhi jenis oli yang digunakan untuk mobil anda.

 ganti oli mobil

Jika anda menggunakan oli jenis sintetis maka akan tahan lebih lama, hanya saja oli ini dijual dengan harga yang lebih tinggi dari oli mineral. Penggantian oli secara berkala ini selain untuk menjaga keawetan mesin juga untuk menjaga keamanan pengemudi saat berkendara. Selain rutin mengganti oli, anda juga perlu untuk memeriksa tingkat oli untuk mengetahui kegagalan mesin. Jika oli cepat habis maka ini berarti mobil anda mempunyai masalah dan harus segera diservis secara mendalam.

Dalam melakukan Ganti Oli Mobil, anda hanya perlu mengisi sampai batas maksimum yang telah ditandai oleh bayonet pengukur. Jika oli yang anda isi melebihi tanda maksimum ini akan membuat injektor kotor dan oli akan lebih cepat habis. Jika anda mendapati noda minyak dari mobil anda berarti mobil anda mengalami kebocoran. Untuk itu segeralah bawa mobil anda untuk diperiksa steker karter dan ganti oli.

Penggantian oli dapat anda lakukan sendiri dengan cara memarkir mobil pada permukaan yang datar. Untuk mencegah kegagalan mesin anda perlu memeriksa kadar oli dan inflasi ban. Merawat mobil adalah cara menjaga keselamatan ketika berkendara. Untuk itu lakukan ganti oli dengan oli Top1 secara rutin karena oli top1 memberikan kualitas yang bagus untuk mobil anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.