Tips Sederhana Mencegah Rambut Berminyak

Tips Sederhana Mencegah Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak merupakan salah satu pangkal masalah dari segala jenis masalah lainnya. Jika rambut berminyak, dapat membuat rambut terlihat kusam, lepek, gatal-gatal dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi pada anda, maka harus pintar-pintar menjaga kesehatan rambut. Karena mencegah rambut berminyak, terbilang susah-susah gampang, terlebih abgi anda yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan. 

Berbagai kotoran dan polusi dapat membuat rambut lebih mudah berminyak. Namun tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi rambut berminyak, diantaranya:

Rutin membersihkan rambut
Kebersihan merupakan hal yang wajib dalam menjaga rambut agar tetap sehat. Pastikan untuk membersihkan rambut secara rutin dengan baik dan benar. Lakukan dua kali dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda setiap keramas. Biarkan busa di kepala anda untuk beberapa menit agar dapat menyerap minyak di kulit kepala, kemudian bilas hingga bersih. Keramaslah secara teratur minimal dua hari sekali, tergantung tingkat dari keparahan minyaknya.

Jangan terlalu sering menyisir rambut
Jika terlalu sering menyisir rambut dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak di kulit kepala anda. Untuk itu jangan terlalu sering menyisir rambut dan gunakan sisir yang memiliki ujung tumpul agar kulit kepala tidak terluka dan menimbulkan iritasi.

Hindari makanan pemicu timbulnya minyak
Makanan juga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya minyak di kepala. Untuk itu kurangi makanan yang dapat memicu timbulnya minyak di kulit kepala, seperti gorengan, makanan pedas dan asam dan lain sebagainya. Disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Hindari sinar matahari langsung
Sinar matahari yang terik dapat menimbulkan masalah pada rambut. untuk itu jangan biarkan rambut anda terpapar sinar matahari terlalu lama karena dapat membuat kepala berkeringat dan menimbulkan banyak minyak. Jika tidak dapat membuat rambut anda terlihat lepek dan kusam.

Itulah beberapa tips sederhana bagaimana mengatasi rambut yang berminyak. Pintar-pintarlah dalam menjaga kesehatan rambut agar penampilan anda lebih baik dan lebih percaya diri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.