Cara Menjaga Kesehatan Anak

Hasil gambar untuk Cara Menjaga Kesehatan Anak

Hati orang tua mana yang tidak bahagia ketika mereka melihat anak – anaknya dalam kondisi sehat dan bisa melakukan kegiatan apapun dalam kesehariannya. Berbeda sekali ketika melihat anak -  anaknya tergolek lemah dalam kondisi yang sakit, para orang tua tentunya akan merasa sedih sekali dan merasakan beban yang sangat besar. 

Untuk itu, mengingat begitu sangat pentingnya kesehatan untuk siapapun khususnya untuk anak, maka kita sebagai orang tua sangat wajib untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan anak kiat seserius mungkin. Para orang tua diharapkan memiliki pengetahuan tentang berbagai tips kesehatan yang menjelaskan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan anak – anaknya agar mereka tidak mudah terserang oleh penyakit yang  bisa membahayakan jasmani dan rohaninya. 

Sebagai tambahan pengetahuan untuk anda, berikut ini adalah salah satu tips kesehatan tentang bagaiman cara menjaga kesehatan anak yang efektif yaitu sebagai berikut :
  1. Perhatikan asupan nutrisi, walaupun energi yang dia butuhkan sangat banyak namun terkadang anak susah untuk makan, sehingga kita sebagai orang tuanya harus kretif dalam menyediakan menu makanan baginya agar aspan nutrisa terpenuhi. Pastikan kebutuhan empat sehat lima sempurnanya terpenuhi.
  2. Tidur cukup, pastikan buah hati anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya, karena saat tidur tubuhnya beristirahat dan merecovery energi sehingga anak anak memiliki energi lagi ketika dia bangun. Watu tidur setiap anak berbeda sesuai dengan usianya, berikut adalah jumlah waktu tidur yang dibutuhkan anak :- 

  • Bayi   0-1 tahun membutuhkan 14-15 jam perhari  (8 jam tidur malam, dan 6-7 jam tidur siang)
  • Batita 1- 3 tahun membutuhkan 12-14 jam perhari (11 jam tidur malam, dan 2-3 jam di siang hari)
  • Usia 4-6 tahun  membutuhkan 11-13 jam perhari (10-11 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari)
  • Usia 7-12 tahun membutuhkan 10-11 jam perhari(8-9 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari)


Selain dua komponen di atas, tips kesehatan anak berikutnya adalah orang tua harus memperhatikan kebersihan tubuh sang anak. Biasakan anak mandi minimal dua kali sehari menggunakan sabun mandi dan keramas setiap dua hari sekali menggunakan shampo.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.