Ingin Menunda Kehamilan? Cobalah Beberapa Metode KB Alami Berikut Ini!

Related image

Memiliki anak memang menjadi dambaan setiap pasangan, terutama pasangan yang baru menikah. Tetapi, ada juga pasangan yang ingin menunda kehamilan karena faktor-faktor tertentu. Jika ingin menunda kehamilan, Anda dapat melakukan beberapa metode KB alami berikut ini.

1.  Metode Amenorea Laktasi

Metode yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh wanita yang baru melahirkan dan sedang menyusui secara eksklusif selama enam bulan. Saat menyusui, Anda akan mengalami masa tidak subur yang cukup lama. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan masa subur itu dapat datang kapan saja dan Anda harus sering-sering memeriksanya.

2.  Metode Kalender

Image result for KB Alami femometer

Untuk melakukan metode ini, Anda hanya perlu menghitung masa subur menggunaka kalender sehingga dapat mengatur dan menunda kehamilan. Hari pertama masa subur wanita dimulai dari 18 hari sebelum hari pertama haid dan hari terakhir masa subur dimulai dari 11 hari sebelum hari terakhir haid.

3.  Metode Mukosa Serviks

Metode ini adalah metode untuk mengetahui masa subur dengan mengecek lendir leher rahim. Saat lendir terasa lengket, sedikit, dan tebal, artinya Anda sedang dalam masa tidak subur. Saat lendir terasa tidak lengket, banyak, dan licin, artinya Anda sedang dalam masa subur.

4.  Metode ramuan kunyit

Untuk mencegah kehamilan, Anda juga dapat menggunakan ramuan kunyit. Anda hanya memerlukan kunyit sebanyak 2 batang yang dipanggang selama 2-3 menit dan ditumbuk halus, garam sebanyak ¼ sendok teh, dan air satu gelas. Campurkan semua bahan, peras, saring, dan minumlah selama satu minggu.

5.  Metode Senggama Terputus

Untuk melakukan metode ini, mintalah pasangan untuk melakukan ejakulasi di luar vagina Anda. Dengan begitu, sperma pasangan tidak akan masuk ke dalam vagina sehingga tidak bertemu dengan sel telur Anda.

6.  Metode Suhu Basal Tubuh

Dengan mengukur suhu basal tubuh, Anda dapat mengetahui masa-masa subur. Sebelum masa subur, suhu basal akan lebih rendah dibandingkan saat Anda sedang mengalami masa subur. Untuk melakukan metode ini, Anda dapat mengukur suhu basal saat bangun tidur dan sebelum beranjak dari tempat tidur.

Jika mengalami kesulitan untuk mencegah kehamilan dengan KB alami, Anda dapat menggunakan alat yang dapat mengetahui masa subur bernama femometer. Untuk mendapatkannya, silakan kunjungi websitenya di https://femometer.co.id/id. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.