Ini Dia Penyebab Sakit Saat Menstruasi

sakit saat menstruasi
Beberapa perempuan yang sedang memasuki masa menstruasi, biasanya juga sering diiringi dengan munculnya rasa sakit saat menstruasi. Nah tentunya ketika hal tersebut terjadi, maka akan memunculkan berbagai pertanyaan, apakah terjadi masalah yang serius pada organ reproduksi wanita atau hanya masalah yang wajar.

Menstruasi merupakan kejadian bulanan yang tentunya akan dialami oleh wanita normal sebelum memasuki masa menopause. Siklus menstruasi yang baik juga menandakan seseorang wanita tersebut memiliki organ reproduksi yang berfungsi dengan baik. Menstruasi sebenarnya terjadi karena lapisan rahim yang terkelupas secara periodik yang selanjutnya dibuang melewati organ reproduksi yang selanjutnya disebut darah mens.
sakit saat menstruasi
Sakit saat menstruasi biasanya berupa nyeri atau kram. Untuk rasa sakit ringan karena terjadinya menstruasi, tentunya merupakan hal yang wajar, namun apabila terasa sangat sakit itu yang harus dipertanyakan. Apakah yang kemudian menjadi penyebab dari adanya menstruasi tersebut? Terdapat beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab terjadinya menstruasi.

Salah satu penyebabnya adalah terjadinya kontraksi. Iya kontraksi halus pada otot dinding rahim pada umumnya memang tidak terasa, namun ketika menstruasi datang, kontraksi tersebut akan semakin kencang sebagai bagian dari peluruhan rahim ketika haid. Nah kontraksi tersebut dapat menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga dapat memutuskan suplai darah dan juga oksigen ke bagian rahim. 

Nah ketiadaan oksigen ini yang kemudian  menjadi penyebab jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang kemudian menjadi penyebab rasa nyeri. Dan rasa nyeri tentunya akan semakin memburuk, sebab dalam hal ini tubuh juga mengeluarkan bahan kimia yang bernama prostaglandin yang kemudian memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak lagi. 

Nah prostaglandin itu merupakan bahan kimia yang telah diproduksi oleh tubuh wanita yang kemudian dapat mengakibatkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan ketika menstruasi. Protaglandin itu kemudian menjadi pemicu munculanya kondisi lain seperti diare, lemas, mual, dan rasa sakit kepala yang juga turut menyertai rasa sakit saat menstruasi. 

Nah untuk organ reproduksi wanita yang menghasilkan postaglandin lebih banyak, maka akan semakin terasa nyeri saat menstruasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.