Manfaat Gerbang Pembayaran Nasional

Gerbang pembayaran nasional
Kita masih ingat, dulu ketika kita akan melakukan pembayaran apapun harus mengunjungi langsung outlet yang menyediakan jasa pembayaran tagihan. Diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit untuk mendatangi outlet tersebut mulai dari pengorbanan tenaga, waktu bahkan uang. Nah, saat ini hal tersebut bisa anda hindari ketika anda menggunakan sistem pembayaran GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran transaksi elektronik atau non tunai. 

Bank Indonesia meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional. Dengan kata lain, seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, andal, dan terpercaya. Ada beberapa manfaat dari sistem Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN tersebut baik bagi nasabah maupun bagi merchant. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :
Gerbang pembayaran nasional
1. Manfaat untuk nasabah pemegang kartu maupun merchant.

  • Satu kartu ATM/Debit milik nasabah, dapat digunakan di semua mesin EDC yang ada di seluruh Indonesia.
  • Nasabah tidak dikenakan biaya tambahan oleh 
  • GPN menawarkan kenyamanan dan kemudahan berbelanja karena nasabah tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
2. Sedangkan bagi merchant, manfaatnya adalah sebagai berikut:
  • Satu mesin EDC untuk semua kartu. Dengan GPN, merchant tidak perlu lagi mempunyai banyak mesin EDC di kasir, karena satu mesin EDC dapat menerima transaksi dari berbagai kartu ATM/Debit dari seluruh bank di Indonesia.
  • Standarisasi Merchant Discount Rate (MDR). Merchant mendapatkan kepastian dan diuntungkan dengan adanya regulasi tentang besaran MDR yang lebih murah dibandingkan sebelum adanya GPN.
  • Cash handling yang lebih efektif. Contohnya seperti menghindari risiko uang palsu dan pencurian.
  • Pangsa pasar yang lebih luas.
Demikianlah beberapa manfaat Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN yang bisa dirasakan oleh nasabah maupun merchant. Nah, jika anda ingin menggunakan sistem pembayaran GPN tersebut dengan lebih mudah lagi, anda bisa menggunakan aplikasi Faspay. Faspay, merupakan bagian dari Astel Group, yang berdiri sejak tahun 2003. Selama lebih dari 15 tahun Faspay berperan sebagai sistem integrator untuk kebutuhan sistem Mobile Banking dan mitra sistem pembayaran online. Hingga saat ini, Faspay telah memproses pembayaran online untuk 1500+ merchant dari berbagai industri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.