5 Cara Menguji Perhiasan Berlian Asli

 




Perhiasan berlian masih menjadi perhiasan yang paling disukai dan dikagumi oleh para wanita. Berlian sendiri memang menjadi batu permata yang paling indah, kuat, dan tahan lama. Jadi tidak heran apabila nilai dan harganya lebih tinggi dibandingkan batu permata lain. Bahkan perhiasan dengan batu berlian langka bisa menjadi harga yang sangat fantastis. Karena nilainya yang tinggi, Anda mungkin masih bisa menemukan perhiasan berlian palsu di pasaran. Perhiasan tersebut pada umumnya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan perhiasan berlian asli.

Selain harga, Anda perlu melakukan pengecekan secara cermat untuk mengetahui keaslian berlian. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian perhiasan berlian yang Anda beli:




Menimbang Berlian 

Berlian palsu biasanya dibuat dari zirkonia kubik. Karena kecanggihan zaman, berlian palsu nampak seperti berlian asli jika dilihat oleh orang awam. Namun ternyata berlian palsu dan berlian asli bisa dibedakan dengan cara menimbang menggunakan sensitivitas tinggi.

Pada ukuran dan bentuk yang sama, berlian palsu hanya seberat 55% dari berlian asli. Jadi Anda membutuhkan timbangan dengan sensitivitas yang sangat tinggi untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jenis timbangan tersebut biasanya juga bisa menimbang hingga tingkat butiran dan karat.

Menggunakan Mikroskop

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah menguji berlian menggunakan alat berupa mikroskop. Letakkan perhiasan berlian di bawah mikroskop. Bolak balik perlahan sambil diamati dengan mikroskop yang Anda gunakan. Berlian palsu biasanya memperlihatkan kilauan jingga sepanjang fasetnya. Sedangkan berlian asli tidak memilikinya. Gunakan teleskop pembesar 1200 kali agar hasil yang didapatkan lebih akurat.

Menggunakan Tes Embun

Menguji keaslian perhiasan berlian mewah dengan tes embun cukup mudah dilakukan. Bahkan cara ini sering dilakukan oleh orang awam yang membeli perhiasan berlian pertamanya. Langkah-langkahnya yaitu letakkan berlian di depan mulut Anda. Selanjutnya hembuskan nafas panjang pada berlian seperti ketika menghembuskan nafas ke cermin. 

Dari hembusan nafas tersebut dapat terlihat keaslian berlian. Berlian asli memiliki sifat tidak berembun sehingga tidak akan meninggalkan embun setelah dihembuskan nafas. Sebaliknya cincin palsu akan meninggalkan embun untuk beberapa saat.

Memanaskan dengan Api

Cara ini mungkin Anda anggap sedikit berisiko. Akan tetapi berlian asli tidak akan berefek terhadap api. Cobalah memanaskan berlian di atas korek api selama kurang lebih 30 detik saja. Selanjutnya masukkan ke dalam air dingin. Berlian asli tidak akan berefek apapun, sedangkan berlian palsu akan retak setelah dipanaskan dan dimasukkan ke dalam air dingin.

Mengetahui Sertifikat

Cara terakhir dan paling mudah di antara cara-cara sebelumnya yaitu dengan mengetahui sertifikat berlian. Semua perhiasan berlian yang asli pasti memiliki sertifikat. Fungsi sertifikat adalah sebagai jaminan keaslian, menampilkan kualitas, dan akta berlian. Pastikan perhiasan berlian yang Anda beli memiliki sertifikat. Selain itu, pastikan juga sertifikat asli dan dikeluarkan oleh lembaga kredibel seperti GIA, AGS, EGL, dan lain sebagainya.

Itulah cara mengetahui perhiasan berlian asli yang bisa Anda ikuti. Cara paling mudah tentu saja dengan melihat sertifikatnya. Selain itu, Anda juga wajib membeli perhiasan berlian di toko terpercaya seperti Mondial Jeweler. Toko ini adalah bagian dari PT Central Mega Kencana sehingga terbukti keaslian dan kualitasnya.

Jenis perhiasan berlian yang ditawarkan lengkap mulai dari cincin, gelang, kalung, anting, bahkan hingga cincin pria. Selain itu, modelnya juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan Anda. Informasi mengenai koleksi perhiasan Mondial Jeweler dapat Anda lihat di www.mondialjeweler.com.  

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.