7 Kebaikan Input ASI untuk Si Kecil

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi. Mereka harus mendapatkan ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan. Setelah itu, akan ada tambahan makanan padat atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Pemberian ASI eksklusif pada bayi bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali kebaikan dari input ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Langsung saja berikut ini pembahasannya untuk Anda:

Membantu Perkembangan Otak

Salah satu kebaikan yang dihadirkan oleh ASI adalah membantu perkembangan otak. Hal tersebut lantaran ASI mengandung beberapa kandungan yang penting untuk otak. Anak yang mendapatkan ASI secara rutin di awal kelahirannya memiliki kemampuan mengingat dan perkembangan otak yang baik. Setelah 6 bulan, Anda bisa melengkapinya dengan MPASI yang tepat.

Mengandung Kolostrum

Kolostrum merupakan salah satu kandungan nutrisi penting yang hanya ada di dalam Air Susu Ibu atau ASI pertama. Kandungan ini penting untuk tumbuh kembang anak, terutama di usia balita. Di dalam kolostrum juga terkandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral, sel darah putih, antibodi, immunoglobulin, dan antioksidan.



Baik untuk Pencernaan

Anak yang berusia balita atau di bawah 5 tahun sering sekali mengalami masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang terjadi yaitu konstipasi atau sembelit dan juga diare. ASI ternyata memiliki peran yang baik untuk sistem pencernaan. Dengan konsumsi ASI, anak bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kebaikan input ASI untuk anak selanjutnya yaitu menjaga berat badan tetap ideal. Anak membutuhkan berat badan yang ideal agar pertumbuhannya dikatakan optimal. Berat badan ideal yaitu berat badan yang tidak berada di bawah ataupun di atas berat badan normal. Pasalnya di dalam ASI ada kandungan yang bisa membantu mengoptimalkan berat badan anak. Bukan hanya berat badan saja, ASI juga baik untuk pertumbuhan tinggi badan anak.

Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Daya tahan tubuh anak balita cenderung belum sempurna. Karena hal tersebut, anak balita lebih rentan terkena masalah kesehatan seperti demam dan flu dibandingkan orang dewasa. Kandungan vitamin yang tinggi membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh anak. Dengan begitu, mereka tidak akan mudah terkena masalah kesehatan. Bayi yang mengonsumsi ASI secara eksklusif juga memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Kandungan nutrisi di dalam ASI sangat lengkap sehingga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak membutuhkan nutrisi yang lebih beragam untuk membantu tumbuh kembang yang optimal. Jika sudah berusia 6 bulan, Anda bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan makanan pendamping yang bergizi dan bernutrisi.

Menurunkan Potensi Alergi

ASI adalah sumber nutrisi esensial yang mampu memberikan perlindungan bagi tubuh si Kecil. Sumber makanan terbaik ini merangsang perkembangan pertahanan tubuh dengan baik. Ketika sudah mendapatkan makanan padat, si Kecil membutuhkan ASI karena memiliki efek toleransi dan mengurangi potensi alergi. 

Itulah beberapa kebaikan input ASI yang perlu Anda ketahui. Bagi para profesional di bidang nutrisi anak dan pediatri, bergabunglah dengan para ahli di Nutricia Professional. Platform ini dibangun untuk tenaga kesehatan yang membutuhkan informasi terbaru seputar pediatri dan nutrisi anak. Anda bisa bertemu dengan profesional lainnya kemudian saling bertukar ilmu dan pengalaman.

Sebelum mendapatkan berbagai fitur yang ditawarkan, Anda terlebih dahulu harus mendaftar sebagai profesional. Cara pendaftarannya sangat mudah karena bisa dilakukan secara online di website Nutricia Professional yaitu nutriciaprofessional.id. Selanjutnya nikmati fitur yang menarik seperti Web Seminar, Expert’s Podcast, E-Module, dan Event Calendar. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.