6 Tugas Utama Social Media Agency Jakarta

Social Media Agency Jakarta

Media sosial menjadi tulang punggung bagi pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang memanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Selain membangun tim sendiri, Anda juga bisa bekerja sama dengan social media agency Jakarta. Agensi memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri untuk membantu memasarkan bisnis melalui media sosial. 

6 Tugas Utama Social Media Agency Jakarta

Agensi memiliki beberapa tugas penting untuk kebutuhan bisnis Anda. Langsung saja, berikut di antaranya:

1. Pengelola Konten

Media sosial memang tidak pernah lepas dari yang namanya konten. Agensi melakukan pengelolaan konten mulai dari tahap awal sampai akhir. Agensi akan menciptakan, mengelola, dan mengoptimalkan konten dari berbagai macam platform media sosial.

Membuat konten memang tampak mudah, namun sebenarnya ada pertimbangan yang harus dilakukan. Misalnya seperti merencanakan jenis konten, isi, dan lain sebagainya. Jika bekerja sama dengan agensi, maka Anda tidak perlu bingung-bingung membuat dan mengelola konten media sosial.

2. Interaksi dengan Pengikut

Salah satu tugas utama agensi yang sangat penting adalah membuat dan mengelola konten. Namun di samping itu, agensi juga membantu berinteraksi dengan pengikut. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Ada banyak cara berinteraksi dengan pengikut. Misalnya seperti merespons komentar pertanyaan, ataupun pesan private pengikut. Selain itu, agensi juga bisa melakukan beberapa hal seperti posting konten yang mampu memicu interaksi dengan pengikut. 

3. Pengiklan Berbayar

Salah satu tugas utama social media agency Jakarta yang sangat penting yaitu pengiklan berbayar. Iklan berbayar tidak hanya ada di mesin pencari seperti Google saja. Iklan berbayar di media sosial juga dikenal mampu memberikan hasil yang signifikan.

Contoh iklan berbayar di media sosial yaitu Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan lain sebagainya. Iklan berbayar ini membutuhkan strategi yang jitu untuk efisiensi. Bukan hanya efisiensi waktu, tapi juga efisiensi harga sehingga menghemat pengeluaran marketing dari brand Anda. 

4. Analisis dan Pelaporan

Pengelolaan media sosial tidak hanya sekedar membuat konten dan mempublikasikannya. Agensi juga harus melakukan analisis dan pelaporan. Salah satu bagian penting dari social media marketing ini tugasnya yaitu mengumpulkan data, menganalisis kinerja, hingga menyajikan temuan pada klien. 

Tujuan utamanya yaitu untuk membantu membuat keputusan dalam strategi pemasaran yang efektif. Melalui layanan ini, Anda juga bisa mengetahui hasil kerja agensi dalam mengelola media sosial.

5. Riset dan Pemantauan Trend

Membuat konten media sosial membutuhkan banyak pertimbangan. Oleh sebab itu, agensi juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan riset serta pemantauan trend. Dalam menjalankan tugasnya ini, agensi akan mengumpulkan beberapa data seperti demografi audiens, perubahan pada media sosial, hingga trend yang sedang berkembang. Dengan data tersebut, agensi bisa melakukan riset untuk menciptakan strategi pemasaran yang berkualitas dan efektif. 

6. Pembaruan Konten dan Perbaikan Secara Berkala

Terakhir, agensi bertanggung jawab melakukan pembaruan konten dan perbaikan secara berkala. Fungsi dari kegiatan ini yaitu menjaga kualitas dan relevansi konten di media sosial. Pasalnya, audiens akan langsung kabur jika merasa konten di media sosial kurang berkualitas atau relevan. Agensi membutuhkan data juga untuk melakukan pembaruan konten dan perbaikan secara berkala. 

Itulah informasi mengenai tugas utama social media agency Jakarta. Pastikan memilih agensi terbaik untuk memaksimalkan pemasaran melalui media sosial. IDEOWORKS.id merupakan agensi yang menawarkan layanan lengkap, termasuk jasa media sosial. Anda bisa berkonsultasi untuk mendapatkan layanan sesuai kebutuhan. Yuk, bekerja sama dengan IDEOWORKS.id sekarang juga!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.