Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi atau sering kita sebut dengan diabetes, adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh menurunnya hormon insulin yang dihasilkan oleh tubuh atau insulin tidak berfungsi dengan sempurna. Banyak gejala yang timbul akibat dari penyakit ini yang diantaranya, sering lapar, sering haus, sering buang air kencing, berat badan menurun, lemas, dan lain-lain. Hal tersebut terjadi karena dua faktor secara umum yaitu, faktor dari dalam dan dari luar. Faktor dari dalam ialah faktor bawaan atau keturunan. Sedangkan faktor dari luar ialah gaya hidup, makanan, pola makan, obesitas dan lain sebagainya. Ada beberapa makanan untuk gula darah yang wajib dihindari apabila gula darah di atas normal.

Penderita gula darah tinggi harus menjalankan diet tinggi karbohidrat, kaya serat, dan rendah kolesterol. Kenapa harus tinggi karbohidrat? Karena makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana akan membuat pencernaan lebih lama dalam memproses makanan tersebut sehingga membuat kadar gula darah semakin meningkat. Kemudian makanan dengan kandungan serat yang tinggi amatlah penting dimasukan dalam pola makan diabetes karena serat tidak mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, selain dari itu mengkonsumsi serat tinggi dapat membuat perut merasa kenyang lebih cepat sehingga anda dapat menghindari makan dalam porsi yang banyak. Dan kolesterol yang tinggi mampu meningkatkan kadar gula darah sehingga tidak baik bila mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol jahat yang tinggi.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Gula Darah Tinggi

Adapun makanan untuk gula darah tinggi yang wajib dihindari diantaranya, nasi putih, kentang, makanan yang manis-manis dengan tambahan gula atau sodium, makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan, makanan yang mengandung garam yodium yang banyak, makanan yang dihasilkan dari air laut yaitu seafood, hindari minum susu apalagi dengan kandungan rasa manis yang berlebih, beberapa jenis kue dan bolu yang kebanyakan dalam proses pembuatannya menggunakan gula dan bahan-bahan lainnya yang rentan mempengaruhi meningkatnya gula darah.

Itulah beberapa contoh makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit diabetes. Karena penyakit diabetes memanglah suatu penyakit yang sulit disembuhkan dengan total, namun setidaknya anda harus berusaha mengontrol dan mengandalikan gula darah anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.