Mengolah Bakso Kuliner Khas Nusantara

Kuliner nusantara memang sangat beragam. Salah satu kuliner nusantara yang akan kami bahas kali ini adalah Bakso. Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dicampur dengan bahan dan bumbu tertentu. Bakso sudah banyak ragamnya ada bakso kuah, bakso goreng, dan bakso bakar. Kali ini kami akan berbagi cara membuat Bakso Kuah Spesial ala Rumahan. Waktu persiapan bisa sampai empat puluh lima menit. Waktu memasak sekitar satu seperempat jam. Total pengerjaan sekitar dua jam.

Bahan dan bumbu baksonya adalah 400 gr daging sapi, 50 gr tepung kanji, empat siung bawang putih, 150 ml air es, sebutir telur, garam dan merica secukupnya. Langkah mengolah baksonya adalah haluskan garam, merica dan bawang putih sebelum disatukan dengan daging yang akan digiling sampai halus. Campurkan dengan tepung kanji, telur dan air. Aduk hingga rata. Panaskan wajan berisi air hingga mendidih. Bulatkan adonan sesuai ukuran yang anda inginkan.

Masukan adonan tadi pada air rebusan. Rebus bakso hingga matang. Matang disini bisa dilihat jika bakso mengambang Bahan kuah diantaranya, 400 gr tulang sapi, empat liter air bersih, 1 sendok bawang merah goreng, kaldu ayam bubuk instan, ½ sendok bawang putih yang digoreng, lalu haluskan, empat batang daun bawang yang diiris, Lada garam dan gula secukupnya. Langkah mengolah kuah baksonya adalah sebagai berikut. Nyalakan kompor, ambil panci, lalu didihkan air dengan api yang sedang.

Kemudian, masukkan setengah kilo tulang sapi lalu didihkan sesaat lalu kecilkan apinya. Setelah itu masukan bawang putih, rebus campuran kuah tadi hingga 1 jam lama hingga kuah kaldu sapi tersisa menjadi sebanyak sepertiga bagian dari campuran tadi. Kemudian aduk bersama garam, merica dan kaldu ayam instan. Masak terus dengan api kecil hingga mendidih. Kuah sudah bisa anda pakai bersama bakso yang anda buat tadi. Mudah bukan cara buatnya? Anda bisa memasukan mie, bihun, sayur seperti di kedai bakso pada umumnya. Sajikan dengan kerupuk, sambal, kecap saus, dan cuka.
Diberdayakan oleh Blogger.