Perbedaan yang Sangat Mencolok dari Teknologi VoLTE dengan Teknologi VoIP

Voice over LTE atau disingkat VoLTE diklaim mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Voice over Internet Protocol atau VoIP, kenapa begitu? Sebelum ke pembahasan mengenai perbandingan kedua teknologi tersebut, kita harus tahu dulu apa kegunaan kedua teknologi tersebut. Sebenarnya kegunaannya hampir sama yaitu memungkinkan untuk melakukan panggilan voice atau video call. Namun meski kegunaannya hampir sama, tapi ada beberapa hal yang membedakannya. Jika kita lihat dari perkembangan teknologi yang semakin masu, membuat kebutuhan setiap manusia akan teknologi menjadi semakin tinggi.
Perbedaan yang Sangat Mencolok dari Teknologi VoLTE dengan Teknologi VoIP

Jadi jika ada hal-hal yang kurang begitu nyaman, maka mereka dengan mudah untuk pindah ke layanan yang lainnya. Begitupun dengan kedua teknologi ini, karena teknolog semakin berkembang membuat kemunculan salah satunya mempunyai kelebihan tersendiri. Untuk megetahuinya, di bawah akan dijelaskan perbandingan keduanya. Voice over Internet Protocol atau VoIP, yaitu teknologi yang memanfaatkan internet untuk melakukan panggilan suara. Beberapa aplikasi VoIP yang banyak digunakan seperti Line, WhatsApp, Skype, Viber, Tango dan BBM.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu dengan menggunakan jaringan internet, dimana data dan real-time voice berjalan melalui pipa tunggal (single pipa). Karena hanya menggunakan pipa tunggal untuk semua aplikasi tersebut, maka memungkinkan untuk terjadinya gangguan di tengah jalan sehingga membuat kualitas suara maupun gambar yang dihasilkan kurang bagus. Voice over LTE atau VoLTE dilengkapi dengan dedicated bearer untuk voice dan video.

Dengan demikian pengguna akan disuguhkan dengan panggilan suara yang bagus dengan kualitas HD. Begitupun memungkinkan untuk melakukan video call, selain suaranya yang jernih kualitas gambarnyapun akan sangat halus dan bersih. Teknologi Voice over LTE ini lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan Voice over Internet Protocol. Tentunya anda merasa jengkel ketika sedang melakukan panggilan voice tiba-tiba suara menjadi tidak jelas atau bahkan putus di tengah jalan. Begitupun ketika anda sedang melakukan panggilan video, entah itu gambarnya buram, suara menjadi tidak jelas, bahkan video menjadi kurang lancar.

Perbedaan yang Sangat Mencolok dari Teknologi VoLTE dengan Teknologi VoIP

Maka dari itu teknologi yang satu ini merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dan perlu anda ketahui, telekomunikasi pertama dan satu-satunya menawarkan layanan ini yaitu hanya Smartfren. Apalagi sekarang 4G LTE smartfren menjangkau 85 kota besar di Indonesia, sehingga jangkauannya sangatlah luas.
Diberdayakan oleh Blogger.