Periode Emas dan Kompetensi Berbicara Anak


Anak adalah permata bagi kedua orang tuanya. Sebagai buah kasih sayang mereka sang anak pun lahir ke dunia ini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya orang tua selalu menyayangi anaknya dari sejak dalam kandungan hingga dewasa. Masa-masa pasca sang anak lahir seringkali disebut sebagai masa emas. Beralasan memang mengapa periode dari bayi hingga anak ini dikatakan periode emas. Usia 0-5 tahun merupakan masa sang anak berhak mendapatkan kasih sayang orang tuanya. Wujud kasih sayang orang tua ini tentu tidak bisa diartikan secara sederhana, melainkan sangat komprehensif. Wujud kasih sayang sang ayah misalnya mencari nafkah untuk menjamin kelangsungan hidup istri dan anaknya, menyediakan tempat yang layak, memberi makan dan minum sesuai dengan standar kesehatan, dll.

Semua pekerjaan yang dilakukan sang ayah ini didedikasikan bagi kelangsungan hidup istri dan anaknya. Begitu pula sang ibu, alam memang sudah menakdirkan bahwa sang ibulah yang menjadi manajer penuh bagi sang anak. Memastikan sang anak mendaptkan susu, makan reguler, membawa sang anak bermain, hingga melakukan edukasi sejak dini. Disadari atau tidak sang ibu sudah memenuhi kriteria seorang manajer atau bisa juga dikatakan seorang coach yang melatih berbagai hal agar sang anak bisa hidup sebagai manusia normal kelak. Dancow adalah produk susu berformula yang bisa menyertai tumbuh kembang anak.

Mengajak anak bicara, mengenalkan hal-hal baru, mengajarkan tentang sesuatu yang baik dan buruk adalah hal yang melekat bagi sang ibu. Oleh karena itu, orang tua terutama sang ibu adalah orang yang berperan penting dalam periode emas sang anak. Dengan kata lain, ibu yang baik adalah ibu yang tahu cara mengajari anak bicara. Hal penting yang tidak disadari adalah melalui sang ibu sang anak bisa berbicara. Secara tidak sadar tatkala sang ibu mengajak, mendongeng, atau bermain dengan sang anak, maka otak anak pun menyerap segala informasi berupa kata dan maknanya sehingga sang anak secara perlahan bisa berbicara.

Maka secara tidak langsung sang ibulah yang paling mengerti cara mengajari anak bicara. Aspek berbicara adalah hal teramat penting dalam komunikasi, karena tanpa proses berbicara komunikasi pun tidak akan berjalan. Oleh karena itu, periode emas anak sudah sepatutnya diisi orang tua untuk mengajari anak bicara. Mendongeng, mengajak bicara anak dengan penuh kelemahlembutan adalah cara mengajari anak bicara yang efektif. Agar proses perkembangan bahasanya maksimal, tambahan nutrisi dari susu formula seperti Dancow adalah pilihan yang tepat.
Diberdayakan oleh Blogger.