Peran Ayah Pada Tumbuh Kembang


Peran Ayah Pada Tumbuh Kembang
Tumbuh kembang seorang anak sangat bergantung pada lingkungan sekitarnya, terutama lingkungan terdekatnya yaitu keluarga. Anak yang pada awalnya tidak bisa melakukan apapun sangat bergantung pada kedua orang tuanya untuk tumbuh dan berkembang. Peran bunda dalam tumbuh kembang seorang anak tidak dapat dipungkiri, hampir seluruh fase dalam tumbuh kembangnya tidak dapat dipisahkan dari peran sang bunda. Anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang dan belaiyan sang bunga akan memiliki pertumbuhan otak yang pesat sehingga memiliki kecerdasan, daya ingat, serta respon terhadap tekanan (stres) yang baik. Namun tumbuh kembang seorang tidak akan sempurna bila tidak didukung oleh peran sang ayah. Bagaimana peran ayah dalam tumuh kembang seorang anak, mari kita simak penjelasan berikut...

Ayah adalah bagian terpenting dalam sebuah keluarga, iya merupakan sosok yang kuat dan tegas untuk memimpin keluarganya, namun juga menjadi sosok yang dapat melindungi anggota keluarganya dari bahaya. Tumbuh kembang anak yang dibesarkan dengan peran sang ayah terlibat di dalamnya akan lebih baik dan lebih matang bila dibandingkan dengan anak yang lain. Hal itu terjadi karena ada beberapa figur seorang ayahyang dibutuhkan oleh anak, dan terkadang tidak ia dapatkan dari sang bunda. Berikut adalah peran ayah yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang seorang anak :
  1. Pelindung, ayah adalah seorang pemimpin yang kuat dan tegas sehingga seorang anak yang sering berinteraksi dengan ayahnya selama dalam proses tumbuh kembang akan sangat merasa aman dan terlindungi sehingga anak akan dapat mengembangkan potensi diri dengan nyaman.
  2. Pembimbing, ayah adalah sosok yang dewasa dan dapat menjadi pembimbing bagi anaknya, ia dapat mengajarkan sikap berani, tidak takut mencoba, dan percaya diri. Sehingga anak yang sering berinteraksi dengan ayahya cederung mempunyai metal yang kuat, berani tampil kedepan, dan berani mencoba hal –hal yang baru.
  3. Teman bermain, terkadang anak akan lebih ceria dan tertawa lepas bila sedang bermain dengan ayahnya bila dibanding dengan sang bunda. Hal ini dikrenakan ketika anak bermain dengan ayah tidak terlalu banyak aturan sehingga anak bebas mengeksplor lingkungannya sehingga melahirkan anak yang kraetif dan inovatif. Contohnya ketika mencuci kendaraan jika dilakuakn bersama sang ayah maka biasanya ayah akan membebaskan anaknya untuk turut serta walaupun basah dan kotor, namun hal itu akan memacu kraetivitas anak.
Bila kasih sayang bunda dan perlindungan sang ayah berkolaborasi dengan baik akan menghasilkan tumbuh kembang anak yang sangat optimal. Oleh karena itu dalam mengurus anak sebaiknya tidak hanya didominasi oleh bunda saja namun libatkanlah peran ayah di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.