Tips Internetan Lebih Aman di WiFi Gratisan

Tips Internetan Lebih Aman di WiFi Gratisan
Sudah bukan rahasia umum lagi jika WiFi publik tidak selalu aman, bahkan mempunyai potensi untuk di atas oleh pihak yang lain yang tentu saja ingin mendapatkan sebuah informasi data bagi para penggunanya. 

Oleh karena itu, jika kita merupakan pengguna setia WiFi publik yang tentu saja dapat mengakses secara gratis pada tempat-tempat umum ada baiknya kita harus selalu waspada. Langkah apa saja yang patut kita di lakukan, berikut ini adalah beberapa tips supaya perangkat kita tetap aman ketika kita menggunakan wifi publik. 

Bayangkan saja jika kita sedang ada di kamar kita tentunya tidak akan berpikir dua kali untuk dapat menggunakan wifi di tempat tersebut. Oleh karena kelalaian tersebutlah yang akan membuat kacer bisa dengan mudah untuk dapat mencuri sebuah informasi yang sensitif yang tersimpan di dalam perangkat kita.

Dengan cara menghubungkan perangkat pada jaringan yang tidak aman, kemungkinan data kita akan dicuri jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan hacker selalu menggunakan nama mirip dengan wifi pada tempat umum. 

Mulailah untuk selalu menanyakan terlebih dahulu nama Wifi kepada karyawan pada tempat kita berada mengenai kebenaran nama dan juga kata sandi Wifi yang telah digunakan di tempat tersebut. Setelah kita dapat mengetahui bahwa WiFi publik sangat rentan terhadap serangan cyber, sebaiknya kita harus menghindari untuk dapat mengakses berbagai macam informasi yang mempunyai sifat sensitif. 

Misalnya saja kita mengakses email, layanan perbankan berbelanja di online shop ataupun akun kartu kredit. salah satu langkah untuk bisa tetap aman ketika kita akan mengakses wifi supaya jangan mengatur sebuah perangkat yang kita gunakan terhubung secara otomatis dengan Wifi yang sudah tersedia pada tempat umum.

Pastikanlah supaya laptop, smartphone ataupun tablet sudah terkoneksi dengan wifi secara manual ketika kita hendak mengakses sebuah internet. 

Bukan hanya itu saja, kita juga perlu untuk dapat mengatur perangkat untuk forget ataupun untuk melupakan akses WiFi publik setelah kita menggunakannya. 

Ketika selesai menggunakan wifi di tempat umum kita jangan lupa untuk mengeluarkan dari akun akun personal yang tadinya sempat kita buka.

Misalnya saja kita mengakses sebuah akun Facebook ataupun media sosial yang lainnya, kita perlu mengeluarkan supaya data pribadi akan tetap aman.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.