Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal yang Tepat Untuk Anda

cara mengatasi kulit kepala gatal

Banyak cara mengatasi kulit kepala gatal yang dilakukan secara instan menggunakan bahan kimia. Memang cara instan tersebut dapat membuat gatal hilang dalam sekejap. Tapi dalam penggunaan jangka panjang, bahan kimia tersebut bisa saja menimbulkan alergi yang berdampak serius pada kesehatan. Untuk itu berhati-hatilah dalam menggunakan obat pereda gatal yang dijual di pasaran.
Sebetulnya menggunakan bahan-bahan alami sangat manjur meredakan gatal di kulit kepala. Bahan alami sendiri tidak memiliki efek samping yang membahayakan sehingga aman untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kulit kepala gatal secara alami
  1. Ekstrak kayu semak (witch hazel)
Ekstrak kayu semak merupakan ekstrak yang diperoleh dari tanaman witch hazel. Tanaman ini tumbuh subur di dataran Amerika Utara. Masyarakat di sana menggunakan ekstrak kayu semak untuk menghilangkan gatal di kulit kepala. Tuangkan ekstrak secukupnya pada telapak tangan dan usapkan pada kulit kepala yang gatal. Pijat secara lembut lalu bungkus rambut menggunakan handuk hangat selama 30 menit. Setelah itu Anda bisa membilas dengan air bersih.

  1. Jeruk Nipis
Kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal di kepala secara cepat. Pertama-tama ambil jeruk nipis secukupnya dan peras airnya. Kemudian oleskan perasan air tersebut ke kulit kepala sembari dipijat. Setelah itu diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

  1. Cuka putih
Selain cuka apel, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti cuka putih. Caranya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan cuka dengan air secukupnya. Lalu, oleskan pada kulit kepala sebelum tidur. Paginya, Anda bisa membilas cuka tersebut hingga bersih. Lakukan secara teratur sampai gatal hilang.

  1. Nanas
Anda bisa memanfaatkan nanas sebagai bahan yang mengandung sumber asam tinggi untuk meredakan rasa gatal. Anda pilih buah nanas yang segar lalu hancurkan dengan cara ditumbuk atau dilumat. Setelah itu buatlah masker nanas yang dicampur dengan madu untuk memberi efek rileks. Oleskan secara merata di kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan 30-60 menit dan bilas sampai bersih.
Itulah beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal yang manjur dan ampuh. Hindari penggunaan bahan kimia berlebihan untuk mengatasi gatal. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, bahan kimia tidak ekonomis. Beralihlah ke bahan-bahan alami sebagai warisan resep leluhur.



Diberdayakan oleh Blogger.