Cara Menstimulasi Anak Belajar Menulis

Cara Menstimulasi Anak Belajar Menulis

Perlu anda ketahui bahwa menulis dapat membantu perkembangan otak dan motorik halus pada anak. Untuk itu mengajari anak menulis sangat baik dilakukan sejak masih usia dini sehingga otak mereka berkembang dengan baik. Kadang tidak semua orang tua mengetahui cara mengajari anak menulis dengan baik dan benar. Sebaiknya anda memberi stimulus agar anak menyukai kegiatan menulis. 

Kita tidak bisa memaksa anak untuk dapat menulis dengan rapi dan baik, karena hal itu memerlukan proses. Awalnya anak dikenalkan dengan cara memegang pensil dengan benar. Setelah mereka paham ajarkan mereka menulis apa yang mereka suka. Biarkan mereka membuat imajinasinya sendiri, tidak mengapa meskipun itu hanya coretan acak-acakan. 

Berikut ada beberapa stimulus yang bisa anda berikan pada si kecil ketika belajar menulis, diantaranya:

Stimulus verbal
Pertama anda bisa memberikan stimulus verbal terlebih dahulu. Misalnya dengan memperkenalkan anak dengan alat-alat tulis seperti pensil, kertas, spidol, buku dan lain sebagainya. Jelaskan padanya apa fungsi dari alat tersebut.

Stimulus fisik
Untuk merangsang anak belajar menulis adalah dengan menyediakan perlengkapan menulis dirumah. Anda tidak perlu memaksanya, biakan merka tertarik dengan alat tersebut dengan keinginan mereka sendiri.

Stimulus otot
Selain perlengkapan menulis, diperlukan juga otot tangan untuk menggoreskan pensil pada kertas dengan baik dan terarah. Kita dapat melatih otot tangan anak dengan cara merobek kertas, lakukan dengan menggunakan jarinya. Awalnya memang akan berantakan, namun jika sudah terlatih anak akan mampu merobek kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. selain merobek kertas, menggunting juga dapat melatih otot tangan. Cukup dengan memberinya gunting dan objek untuk digunting. Biarkan jarinya bergerak sesuai dengan yang mereka inginkan. Semakin terlatih mereka juga akan bisa menggunting sesuai pola yang di perintahkan.

Itulah beberapa stimulasi yang bisa anda berikan pada anak untuk belajar menulis. Dengan stimulasi tersebut, cara mengajari anak menulis menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Jika mereka mulai bosan buatlah sebuah permainan yang berhubungan dengan menulis, sehingga mereka tertarik kembali untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.