Cara Mudah Menghafal Sesuai Objek Hafalannya

Cara Mudah Menghafal Sesuai Objek Hafalannya
Pada masa anak-anak adalah masa yang paling bagus untuk menghafal. Oleh karenanya ada peribahasa bahwa belajar di waktu anak-anak seperti memahat di atas batu sementara belajar di waktu dewasa seperti menulis di atas air. 

Peribahasa di atas memberikan pesan bahwa belajarlah di waktu anak-anak karena mempunyai daya ingat yang kuat dan tersimpan sampai kapanpun. Namun walaupun demikian, ada cara mudah menghafal yang tepat diberikan kepada seorang anak.

Dengan teknik tersebut, anak akan menghafal sesuatu dengan cara enjoy dan mudah untuk mengingatnya. Teknik tersebut tentu saja dapat digunakan oleh siapa pun dan sangat bermanfaat untuk menghafalkan pelajaran-pelajaran yang diterima oleh anak. Baik pelajaran yang didapatkan di bangku sekolah maupun pelajaran yang didapatnya di tempat-tempat ekstra kurikulernya.

Berikut adalah cara mudah menghafal yang dapat dicoba oleh seorang ibu untuk membantu belajar anak-anak d rumah.

Jika anak sedang menghafal sesuatu yang berurutan maka bantu dia dengan menemukan kata yang dapat digantungkan untuk memudahkan ingatannya. Misalnya saja untuk menghafal urutan pelangi, maka hafalkan dengan mengingat kata “mehijibikuniu”. Kata mehijibikuniu inilah yang disebut dengan kata gantungan.

Jika anak sedang menghafal istilah-istilah asing, maka temukanlah kata kuncinya. Misalnya saja anak sedang menghafalkan istilah peyoratif sebagai proses perubahan makna kata yang dulunya bermakna bagus sekarang menjadi maknanya kurang bagus, maka berilah kata kunci dengan kata “penyok”. Karena benda yang penyok pun punya arti yang sama, dulunya bagus tapi setelah penyok jadi kurang bagus.

Masih banyak lagi cara mudah menghafal yang dapat membantu anak-anak ketika menghafalkan sesuatu, terutama menghafal pelajaran-pelajaran yang didapatnya di sekolah. Dengan cara-cara tadi, anak dapat mengingat dengan cepat tapi dengan tidak terbebani. Supaya proses mengingatnya lebih lancar, maka perlu juga dibantu dengan asupan gizi yang bagus. 

Misalnya saja dengan rutin memberikan susu pertumbuhan yang sesuai dengan usia perkembangannya. Contohnya saja untuk anak SD di atas 5 tahun berilah dancow 5 plus yang akan membantu menutrisi otak anak dengan kandungan DHA nya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.