Teknologi Pertanian Modern Di Indonesia

Teknologi Pertanian
Teknologi Pertanian
Kesuksesan pertanian tidak bisa luput dari penunjang-penunjangnya, salah satunya adalah Teknologi Pertanian. Saat ini Indonesia memiliki beberapa alat pertanian yang cukup canggih. Tentu hal ini akan mempengaruhi perkembangan dan juga kemajuan pertanian Indonesia. Terdapat beberapa alat yang akan dibahas dibawah ini. Jika Anda penasaran langsung saja kita simak ulasannya berikut:

1. Traktor

Traktor merupakan mesin utama yang memiliki peran penting dalam pertanian yang ada di indonesia. Teknologi Pertanian yang satu ini memiliki banyak jenis atau bentuk, mulai dari traktor kecil hingga traktor dengan ukuran yang sangat besar. Fungsi dari traktor ini sendiri adalah sebagai alat bantu untuk proses pengolahan tanah, yakni untuk menarik atau mendorong alat pengolah tanah sehingga bisa memperoleh hasil yang di inginkan.

Traktor juga memiliki 2 jenis yakni dengan roda rantai dan roda dua. Fungsi roda rantai rantai biasanya untuk kondisi tanah yang berlumpur. Sedangkan roda biasanya dipakai untuk kondisi tanah yang kering.

2. Pengolah Tanah

Pengolahan tanah merupakan sebuah alat penting yang sebenarnya harus dimiliki oleh petani sebelum mereka melakukan proses penanaman bibit. Ada banyak sekali jenis alat pengolahan tanah, berikut ulasannya untuk Anda:

Rotavator

Rotavator merupakan sebuah alat yang dapat di gunakan untuk pengolahan tanah pertama dan juga bisa untuk yang kedua. Tahap awalnya yakni, ketika mulai memotong, mencacah dan juga membolak balik tanah. Sedangkan fungsi kedua adalah saat mulai merapikan tanah, menghancurkan tanaman - tanaman pengganggu dan juga memperbaiki tata air.

Bajak singkal

Bajak singkal merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membolak mbalikkan tanah. Terdapat dua jenis bajak singkal yakni bajak singkal satu arah dan bajak singkal dua arah. Para petani bisa memilih sesuai kebutuhan.

Garu sisir

Garu sisir dipakai sesudah pengolahan bajak sangkal. Proses ini di lakukan pada sawah ketika dalam keadaan basah, supaya tanah yang bongkah bongkah tadi bisa gembur.
Itulah beberapa contoh Teknologi Pertanian modern di Indonesia yang dapat membantu perkembangan pertanian Indonesia saat ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.