Penerapan Teknologi di Bidang Kesehatan

Penerapan Teknologi di Bidang Kesehatan
Teknologi 
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi melaju sangat pesat. Hal tersebut menimbulkan dampak positif bagi masyarakat. Segala kemudahan sudah ditawarkan oleh perkembangan ketiga hal tersebut. 

Dampak dari perkembangan tersebut, teknologi di bidang kesehatan sudah ada dan bisa dimaksimalkan penerapannya. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu tenaga medis untuk saling bertukar informasi sehingga memberikan efisiensi. Hal ini mengakibatkan timbulnya kerjasama langsung melalui jejaring internet. 

Sekaligus memanfaatkan internet dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan sangat penting bagi dunia kesehatan. Penerapan-penerapan teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan sangat membantu dan menimbulkan kemudahan, baik bagi tenaga medis itu sendiri dan juga pasien. 

Dalam organisasi bidang kesehatan contohnya Rumah Sakit. Informasi merupakan aspek penting yang dapat menunjang seluruh kegiatan yang ada di dalamnya. Sampai sejauh ini pada umunya di pelayanan kesehatan penyajian dan informasi menggunakan diagram maupun grafik tergantung pada data apa yang ingin disajikan. 

Dalam hal ini mulai dilakukan pemanfaatan system informasi geografis (Geographic Information System/GIS) yang selanjutnya disebut SIG. Sistem informasi geografis tersebut yaitu suatu sistem yang menyangkut penyajian data dan informasi dalam bentuk peta dan dapat dijadikan sebagai alat bantu penyajian yang menarik dan variatif sesuai dengan kebutuhan.
Penerapan Teknologi di Bidang Kesehatan
Teknologi 
Dalam hal ini penyajian data dalam bentuk peta belum digunakan sebagai alat bantu penyajian data dan informasi yang efektif di pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit, sementara kebutuhan akan penyajian data yang lebih kompleks untuk menghasilkan informasi yang lebih baik masih sangat diharapkan. 

Konsep dasar dari SIG ini dalam bidang kesehatan yaitu “penyediaan data atribut dan spasial yang menggambarkan distribusi atau pola spasial penyebaran penderita suatu penyakit, pola atau model penyebaran penyakit”. Selain GIS, teknologi yang sudah diterapkan dalam bidang kesehatan yaitu Radio Frequency Identification (RFID). 

RFID adalah teknologi identifikasi yang fleksibel, mudah digunakan, dan sangat cocok untuk operasi otomatis. Dalam sistem ini terdapat empat komponen yaitu tag (transponder), antena, software, dan pembaca (device). Itulah artikel tentang penerapan teknologi di bidang kesehatan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.