Wujud Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia

Teknologi Informasi
Teknologi Informasi
Informasi merupakan sebuah hal yang bisa membantu seseorang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, misalnya saja seseorang akan memasarkan sebuah produk harus menunggu informasi akurat mengenai kondisi tempat dimana mereka akan memasarkan produk tersebut. Itulah contoh kecil mengenai pentingnya informasi tersebut. Informasi merupakan sebuah pemberitahuan atau kabar berita yang disampaikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung atau dengan kata lain informasi merupakan hasil pengolahan data yang memiliki arti atau manfaat bagi penerimanya. 

Kebutuhan manusia akan informasi ini mendorong para ahli untuk menciptakan berbagai perangkat informasi yang akan memudahkan seseorang atau lembaga dalam mengirim dan menerima informasi tersebut. Dan perangkat tersebut merupakan bagian dari sebuah teknologi informasi yang saat ini tengah mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Seperti halnya di negara – negara lainnya, di Indonesia pun mengalami perkembangan teknologi informasi tersebut dari masa ke masa.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai perwujudan telah terjadinya perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

Perkembangan Televisi. Salah satu televisi nasional, yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI) diresmikan pada 24 Agustus 1962. Televisi ini merupakan satu-satunya stasiun televisi pemerintah. Pada perkembangannya saluran televisi semakin banyak, baik stasiun televisi lokal ataupun nasional swasta. Bahkan saat ini pun banyak berkembang saluran televisi digital dan berlangganan yang lebih kuat dan banyak fiturnya bila dibandingkan dengan saluran televisi pada biasanya.

Peluncuran berbagai Satelit. Indonesia juga berhasil meluncurkan sebuah Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Peluncuran SKSD tersebut dimulai pada tahun 1975 dan selesai 1976 dengan satelit pertama yang bernama satelit PALAPA A1 dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat. Setelah peluncuran satelit tersebut, diluncurkan berbagai satelit yang lain seperti PALAPA A-2 (1977), PALAPA B-1 (1983), PALAPA B-2 (1984), PALAPA B-2P (1987), PALAPA B-2R (1990), PALAPA B-4 (1992), PALAPA C-1 (1996), PALAPA C-2 (1996), Indostar/Cakrawarta I (1997), Satelit TELKOM 1 (1999), GARUDA 1 (2000), TELKOM 2 (2005), INASAT-1 (2006), LAPAN-TUBSAT (2007), Indostar/Cakrawarta II (2009), dan PALAPA D (2009).

Perkembangan teknologi informasi berikutnya adalah perkembangan komputer dan jaringan internet. Berdasarkan catatan Fakultas Ilmu Komputer UI, teknologi komputer mulai diperkenalkan di Indonesia dalam kurun antara tahun waktu 1970-an. Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi pertama yang menjadi tempat pengenalan komputer di Indonesia. Saat itu, semua komunitas akademis perguruan tinggi dan industri Indonesia mendapatkan berbagai macam pengenalan tentang teknologi komputer dari Universitas Indonesia. Berikut ini adalah ringkasan sejarah perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.