Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Perkembangan Teknologi
Perkembangan Teknologi merupakan keniscayaan yang pasti terjadi dan akan saling berpengaruh dengan budaya dan kebiasaan yang ada di masyarakat. Apalagi yang berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini pengaruhnya sangat mencolok dibandingkan dengan pengaruh yang lain. 

Teknologi informasi lambat laun menjadi suatu hal yang berkembang dan dapat mempengaruhi dan merubah budaya yang ada di tengah masyarakat. Contoh kecil yang dapat dilihat adalah di bidang internet, dahulu sebelum handphone dilengkapi dengan GPRS alias masih GSM internet merupakan satu hal yang wah dan tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Berbeda dengan yang terjadi hari ini, internet merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Saat ini Perkembangan Teknologi sudah pasti membawa perubahan terhadap kebiasaan dan budaya yang ada di Indonesia karena iklim persaingan tidak hanya ada dalam Negara akan tetapi persaingan juga terjadi antar Negara. Perkembangan informasi ini selain membawa perubahan juga membawa pengaruh yang beragam, baik positif maupun negative. 

Dari segi positif efek dari perkembangan teknologi informasi ini adalah cepatnya pertukaran informasi, memudahkan hubungan pekerjaan manusia, lebih efisien dan lebih maksimalnya pekerjaan yang dilakukan manusia dengan hanya melalui online, dan khususnya bagi pendidikan ada istilah yang namanya E-learning, yaitu sistem belajar yang tanpa harus ada tatap muka.

Dari segi negative, Perkembangan Teknologi informasi ini membawa beberapa dampak yang sangat jelas dirasakan oleh masyarakat kita. Beberapa diantaranya adalah masuknya budaya asing yang tidak baik tanpa adanya filter yang ketat dari semua pihak. Hai ini jika dibiarkan maka akan menggerus budaya asli nusantara yang luhur. Lupa akan waktu, khusus bagi anak-anak yang gemar bermain game online biasanya mereka akan susah dikendalikan dan susah mengatur waktu mereka karena game online menyajikan hal yang mengatasi bagi mereka. 

Merosotnya nilai moral, dengan internet ini sema dengan bebas dapat mencari apa yang diinginkan dengan mudah tak terkecuali film porno dan akun-akun pemecah belah. Hal ini sangat merugikan generasi penerus. Oleh karena itu teknologi informasi harus berbanding sejajar dengan penguatan budaya dan kearifan lokal serta penanaman pondasi hidup berdasar norma yang berlaku di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.