Makanan Tradisional Spesial Betawi Sunda

Resep Makanan Tradisional
Ingin mencoba salad sayuran khas negara kita dengan saus kacang yang nikmat dan mengundang selera? Kalau benar benar tertarik dan ingin mencobanya, teman - teman bisa membuat karedok sendiri di rumah. 

Resep karedok yang merupakan salah satu resep makanan tradisional di pulau Jawa ini memang sebenarnya adalah salad sayuran yang bergizi tinggi dan nikmat rasanya. Apalagi cara membuat karedok spesial khas dari Betawi, sunda ataupun bandung ini juga tidak terlalu sulit. Yang penting resep bumbu karedok saus kacang nya tepat dan legit supaya mantap rasanya.

Walaupun banyak ditemukan di betawi dan Jakarta, tetapi sebenarnya resep makanan tradisional asli karedok bukan berasal dari daerah tersebut. Kata karedok sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di daerah Jawa Barat. Tepatnya sih di dekat dekat sungai cimanuk yang terletak di daerah Kabupaten Sumedang. 

Mungkin dahulu banyak pedagang dari daerah tersebut yang kemudian berjualan di Jakarta sehingga menjamur sampai seperti sekarang ini. Berbeda dengan resep salad buah atau salad sayuran yang biasanya dijual di restauran atau hotel berbintang yang cukup mahal. Harga karedok yang nikmat dan lezat dengan aneka sayuran dan saus kacang yang lezat ini sangat terjangkau lho. Apalagi kalau lagi malas kita bisa membelinya dengan mudah di penjual keliling atau yang mangkal di sekitar rumah. Dengan harga yang sangat cocok di kantong, kita bisa menikmati kelezatan resep karedok dan segudang vitamin dan gizi buat tubuh kita.

Seperti juga saudara kembarnya yaitu salad yang berasal dari luar negeri, resep makanan tradisional karedok ini juga merupakan makanan sehat untuk segala usia. Berbagai macam sayuran, seperti kacang panjang, tauge, timun dan lainnya memang bermanfaat sekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh kita setiap hari. 

Berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin B, vitamin E, magnesium, fosfor dan masih banyak lainnya. Selain itu dalam satu piring karedok sunda ataupun betawi juga terdapat kalori yang cukup dan sedikit lemak sehingga bagus buat program diet kita. Kalau dilihat sekilas, makanan sayuran ini memang terlihat sama dengan resep gado gado surabaya atau betawi. Sama sama menggunakan saus kacang yang legit dan aneka sayuran yang sehat.

Walaupun banyak ditemukan di betawi dan Jakarta, tetapi sebenarnya resep makanan tradisional asli karedok bukan berasal dari daerah tersebut

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.