Dampak Perkembangan Teknologi yang Bersifat Praktis

Pengertian Teknologi
Perkembangan teknologi dari masa ke masa mengalami kemajuan yang sangat pesat. Apa yang tidak pernah dipikirkan oleh manusia, satu persatu menjadi kenyataan. Baik itu di industri kesehatan hingga informasi. Ya, siapa sih yang tidak menggunakan internet saat ini dimana perkembangannya dimulai di abad ke-21. Kemajuan di bidang ini sungguh merombak secara total media informasi.

Sesuai dengan pengertian teknologi itu sendiri dimana hasil dari pengembangan yang dilakukan secara terus menerus guna mendatangkan manfaat lebih kepada manusia. Begitu juga dengan internet dengan koneksi tanpa batas mampu menembus segalanya. Tak peduli lagi jarak, waktu hingga lokasi dimana semua orang dengan mudah berbagi informasi dalam hitungan detik.
Pengertian Teknologi
Lihat saja jaringan nirkabel yang terus menerus mengalami kemajuan mulai dari 2G, 3G, 4G hingga sekarang digadang gadang akan hadir teknologi 5G. Artinya apa? Ketidakpuasan manusia terhadap situasi yang ada menjadi alasan terciptanya beberapa teknologi.

Hebatnya, para pengembang pun tidak hanya terfokus kepada satu hal saja seperti industri informasi saja misalnya. Berbagai aspek pun mereka akan melakukan pengembangan demi memberi nilai lebih bagi masyarakat. Di dunia kedokteran misalnya, tidak sedikit penemuan yang justru menambah nilai kemanusiaan seperti donor hati dan sebagainya.

Tentu, perkembangan teknologi itu sendiri tidak hanya berkutat pada penambahan nilai manfaat saja. Akan tetapi, ada hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja yaitu peran sumber daya manusia dalam menerapkan nya. Pengenalan sistem baru serta bagaimana menggunakannya agar lebih efektif sangatlah diperlukan. Pelatihan dan seminar adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan agar teknologi bisa berjalan sesuai dengan kaidah nya.

Itu sebabnya, kerja sama antar pihak terkait dalam hal ini para pengembang dengan mereka yang akan menerima teknologi sangatlah diperlukan. Kita bisa melihat adanya tanda tangan kontrak dengan Negara lain misalnya guna mendapatkan lisensi dari produk yang ada. Artinya apa? Kemajuan dari teknologi yang ada akan memberi manfaat lebih bagi kemajuan satu Negara. Sesuai dengan pengertian teknologi itu sendiri bukan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.