Mengenal Jenis-Jenis Reksa Dana Terbuka

reksa dana Indonesia
Bagi anda yang berencana ingin berinvestasi namun masih bingung memilih perusahaan investasi yang tepat, aman dan resmi maka pilih investasi reksa dana Indonesia saja. Sebelum memulai untuk berinvestasi maka ketahui terlebih dahulu bahwa berdasarkan karakteristik nya, Reksa dana terbagi menjadi dua jenis yaitu reksa dana terbuka dan reksa dana tertutup.

Untuk reksa dana terbuka merupakan reksa dana yang bisa menawarkan unit nya kapan saja hingga batas waktu maksimum unit yang ditawarkan serta membeli kembali unit investor kapan saja. Untuk reksa dana tertutup merupakan reksa dana yang investor nya hanya menawarkan serta membeli kembali unit yang ditawarkan pada waktu tertentu sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. 
reksa dana Indonesia
Namun saat ini kebanyakan reksa dana yang berada di Indonesia merupakan reksa dana terbuka. Untuk lebih jelasnya mengenai reksa dana terbuka maka berikut akan diberikan empat jenis dari reksa dana ini.

1.      Reksa Dana Pasar Uang

Jenis reksa dana ini, investasi ditempatkan 100% di instrumen pasar uang yang meliputi obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, deposito serta sertifikat Bank Indonesia. Jenis reksa dana ini dianggap yang paling aman karena tingkat resiko nya yang sangat kecil.

2.      Reksa Dana Pendapatan Tetap

Untuk jenis reksa dana ini, sebagian besar alokasi investasi nya ditempatkan pada efek agar bisa memberikan pendapatan tetap misalnya saja surat utang.

3.      Reksa Dana Campuran

Jenis reksa dana ini, investasi nya ditempatkan di beberapa efek sekaligus, surat utang, mencakup saham serta pasar uang. Tujuannya supaya bisa mendapat keuntungan jangka panjang dengan berinvestasi melalui obligasi, saham dan pasar uang. Risiko investasi ini juga lebih rendah namun keuntungannya tidak setinggi reksa dana saham.

4.      Reksa Dana Saham

Untuk jenis reksa dana ini, sebagian besar alokasi investasi nya akan ditempatkan pada efek sahan. Jenis reksa dana ini memiliki keuntungan yang paling tinggi dibanding jenis lainnya. Namun resiko nya juga paling besar karena fluktuasi harga saham yang begitu tajam.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis reksa dana terbuka yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas, bagi anda yang berencana mengajukan investasi reksa dana Indonesia maka tentukan jenis reksa dana yang akan anda pilih lalu sesuaikan dengan tujuan anda berinvestasi agar semakin menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.