Aturan Khusus Dalam Investasi Reksa Dana Syariah

 Aturan Khusus Dalam Investasi Reksa Dana Syariah
investasi reksa dana syariah

Reksa dana KlikMAMI yang sesuai dengan syariah sama seperti investasi reksa dana lainnya, tetapi satu-satunya perbedaan adalah bahwa reksadana tersebut berdasarkan pada hukum Syariah atau Syariah. Pada dasarnya, Investasi Reksa Dana Syariah membatasi investasi mereka pada perusahaan yang beretika dan mematuhi hukum Syariah. Jika Anda telah mendengar tentang investasi yang bertanggung jawab secara sosial, maka dana yang sesuai Syariah adalah salah satunya. 

Menurut hukum Islam, dalam masa yang serba maju ini berinvestasi sangat dibutuhkan, melihat dari kebutuhan setiap hari semakin tinggi dan pengeluaran yang terkadang tidak seimbang dengan pemasukan, terkadang kita sangat membutuhkan dana yang dapat diambil kapan saja.


Oleh sebab itu kita diharuskan untuk berinvestasi agar kebutuhan hidup terpenuhi jika tiba-tiba membutuhkan biaya tambahan, namun sebelum melakukan investasi, ada beberapa aturan investasi yang perlu Anda ketahui, berikut beberapa aturan investasi yang perlu Anda ketahui:

Bagaimana Aturan Khusus Dalam Investasi Reksa Dana Syariah?
Ada aturan tertentu yang perlu dipatuhi agar suatu dana bisa disebut dana Syariah-Compliant.
Total Rasio Hutang terhadap Aset.

Investasi tidak dapat dilakukan di perusahaan yang total utangnya seperempat dari total asetnya.
Perusahaan yang bebas bunga.

Karena hampir tidak mungkin menemukan perusahaan yang bebas bunga 100%, maka dirumuskan bahwa perusahaan yang pendapatan bunga hingga 3% dari total pendapatannya harus dimaafkan.
Bisnis yang dibatasi.

Selain itu, dana Syariah tidak dapat memperoleh saham dari perusahaan yang terlibat dalam jasa keuangan dengan bunga seperti bank dan perusahaan asuransi dan juga perusahaan yang memproduksi minuman keras, babi, tembakau atau terlibat dalam kegiatan perjudian dan klub malam, pornografi.

Meskipun Investasi Reksa Dana Syariah yang sesuai Syariah didasarkan pada hukum Islam, itu tidak terbatas hanya pada Muslim. Siapa pun yang ingin berinvestasi hanya di perusahaan etis dapat berinvestasi dalam dana tersebut. Semoga dengan artikel ini anda bisa memilih investasi reksa dana syariah yang tepat. Sekian terima kasih dan selamat berinvestasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.