Lakukan Hal Berikut Agar Kesehatan Kulit Terjaga

Kesehatan Kulit
Kulit merupakan organ tubuh paling luar dan salah satu yang terbesar pada tubuh manusia. Kesehatan kulit sangat berpengaruh pada penampilan seseorang. Iya dengan kulit yang sehat dan indah, maka bisa dikatakan penampilan seseorang akan sempurna. Namun beberapa permasalahan kulit justru sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Beberapa permasalahan kulit seperti kulit bersisik, kulit kering, flek hitam, jerawat, kulit tipis, dan lain sebagainya sering muncul.

Pada umumnya, beberapa permasalahan kulit yang muncul adalah disebabkan karena kebiasaan pola hidup yang kurang sehat, misalnya jarang membersihkan kulit, terlalu sering berada dibawah terik matahari, sering berinteraksi dengan benda-benda tajam, dan masih banyak yang lainnya. Nah untuk Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat dan indah, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

Hindari mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat mengakibatkan tubuh dan kulit terdehidrasi. Hal tersebut dapat mengakibatkan kulit terlihat lelah dan lebih tua. Iya selain itu, alkohol juga dapat merusak organ hati yang berfungsi menghilangkan racun pada tubuh. Nah ketika organ hati telah rusak, maka yang terjadi adalah racun yang terakumulasi dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan kulit yang kurang sehat, jerawat, kusam, dan lain sebagainya. 
Kesehatan Kulit
Kemudian mengkonsumsi alkohol juga dapat membuat produksi kolagen menurun yang mana kolagen sendiri dapat berperan sebagai penjaga kekencangan pada kulit. Nah dengan kurangnya cadangan kolagen pada kulit maka yang terjadi adalah regenerasi kulit yang kurang optimal. Kemudian alkohol juga dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan daerah disekitar kelopak mata memerah dan bahkan dapat membengkak.

Tidur yang cukup

Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan. Selain dapat meningkatkan stamina dan produktivitas pada tubuh, dengan tidur yang cukup ternyata juga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Iya seseorang yang kurang tidur biasanya akan muncul kulit yang berwana gelap pada daerah kelopak mata atau yang sering disebut dengan mata panda. Tak dapat dipungkiri bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan kulit tampak kusam, lelah, dan lebih tua. Untuk itu pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Hindari stres berlebih

Stres juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Iya pasalnya stres dapat menstimulasi kelenjar adrenal yang dapat menghasilkan kortisol yang mana kortisol in merupakan hormon utama stres yang terlibat pada produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Nah dari jumlah lemak berminyak inilah yang kemudian dapat mengakibatkan pori-pori tertutup dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Untuk itu, pastikan Anda menghindari stres yang terlalu berlebih.

Jaga kebersihan kulit

Nah salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan dalam menjaga kebersihan kulit adalah dengan membersihkannya secara teratur. Aktivitas sehari-hari dapat mengakibatkan kotoran, debu menumpuk pada sel kulit. Untuk itu pastikan Anda menjaga kebersihan kulit Anda dengan membersihkannya secara teratur. Iya beberapa penyakit kulit seperti kadas, kurap, panu, dan lain sebagainya biasanya muncul karena kurangnya kebersihan kulit.

Hindarkan kulit dari benda tajam

Nah interaksi kulit dengan berbagai benda-benda keras atau benda tajam tentunya dapat merusak kesehatan kulit karena benda-benda tersebut dapat menggores kulit. Untuk itu, upayakan sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering berinteraksi dengan benda-benda tersebut.
Nah itu dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terjaga. Semoga bermanfaat sob.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.