Ketahui Nutrisi Sesuai Perkembangan Janin Trimester Pertama

perkembangan janin
Ketika Anda dinyatakan hamil, saat itu Anda harus mulai berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Karena makanan yang akan dimakan berpengaruh terhadap perkembangan janin dan kesehatan ibu. Maka sangat penting mengetahui nutrisi penting dari awal kehamilan.

Para ahli merekomendasikan pada ibu hamil dengan berat badan normal untuk mengonsumsi sekitar 1800 kalori pada trimester pertama. Karena pada trimester pertama berpengaruh pada perkembangan janin. Untuk itu ada beberapa nutrisi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil karena pada trimester pertama merupakan tahapan rawan bagi calon bayi. 
perkembangan janin

1. Kehamilan bulan pertama ( 1-4 minggu )


Pada bulan pertama ada nutrisi khusus yang harus dikonsumsi ibu hamil, yaitu folid acid atau asam folat. Asam folat termasuk salah satu nutrisi paling ampuh untuk mencegah risiko spina bifida atau kerusakan tabung sistem saraf. Adapun makanan yang banyak mengandung asam folat adalah jeruk, kentang, brokoli, asparagus, telur, dan kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, ibu hamil juga membutuhkan zat besi dan protein. Jadi perbanyak makan daging yang dimasak dengan baik dan buah-buahan. 

2. Kehamilan bulan kedua ( 5-8 minggu )


Pada bulan kedua, ibu hamil masih memerlukan asupan asam folat. Pada bulan kedua, ibu hamil bisa mengalami anemia atau keletihan. Untuk itu, kebanyakan dokter akan menganjurkan zat besi yang bisa didapatkan dari makanan atau vitamin. Makanan ikan dan susu sangat dianjurkan pada masa ini. 

3. Kehamilan bulan ketiga ( 9-12 minggu )


Pada bulan ketiga, bentuk bayi mulai terbentuk dengan jelas. Mual dan muntah masih lumrah terjadi. Adanya vitamin B6 akan mengurangi mual dan muntah. Contoh makanan yang kaya vitamin B6 adalah jeruk, telur dan sayuran. Pastikan ibu hamil mencukupi kebutuhan air putih. Dan tidak lupa susu dan buah segar untuk asupan air ekstra. 

Itulah nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin pada trimester pertama. Jangan lupa untuk mencukupi karbohidratnya, tujuannya untuk memberikan energi bagi ibu hamil dan janinnya. Pastikan memasak daging dan ikan hingga matang sempurna. Untuk mempermudah variasi nutrisi pada kehamilan trimester pertama, gunakan panduan total nutrisi dan vitamin. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.