Cara Membuat Pot Bunga Minimalis dari Beton

pot bunga minimalis dari beton
Pot bunga minimalis dari beton

Sebagian besar orang suka mendekorasi beranda rumah dengan menambahkan bunga-bunga indah yang ditanam pada sebuah pot. Bunga-bunga tersebut memang menjadikan rumah tampak lebih indah dan asri sehingga terasa nyaman. Tidak hanya membeli, Anda juga bisa membuat pot bunga sendiri dari beton. Membuat pot bunga sendiri memungkinkan Anda untuk bisa menentukan desain sesuai selera. Selain itu pot bunga buatan sendiri jauh lebih membanggakan dibandingkan membeli. Apalagi membuat pot bunga minimalis dari beton terbilang sangat mudah. Penasaran? Berikut ini penjelasan mengenai caranya:

  • Pilih Cetakan



Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih dua buah cetakan yang akan digunakan untuk cetakan luar dan cetakan dalam. Pastikan kedua cetakan tersebut memiliki bentuk yang sama persis namun ukurannya berbeda. Sebaiknya perbedaan ukurannya tidak lebih dari 5 cm. Jika pot yang Anda inginkan setinggi 6 cm maka ketebalannya minimal 7,5 cm.

  • Lapisi Cetakan


Setelah memilih cetakan, selanjutnya lumuri cetakan menggunakan bensin atau pelumas semprot. Pelumuran tersebut bertujuan agar cetakan mudah dipisahkan dari pot. Ada baiknya Anda memilih cetakan dari kaca karena minyak tidak bisa terserap.

  • Campur Beton dan Tuangkan Pada Cetakan


Cara membuat pot bunga minimalis dari beton selanjutnya adalah proses pencampuran beton menggunakan pasir, semen, dan lain sebagainya. Agar hasil lebih artistik, Anda bisa menambahkan batu karang atau pecahan kaca saat mengaduk adonan. Jika adonan beton sudah tercampur, langsung tuangkan saja pada cetakan yang telah dilumuri bensin.

  • Keringkan dan Lepas Cetakan


Diamkan selama kurang lebih 2 hari dan tunggu hingga mengering. Sebaiknya bungkus cetakan menggunakan plastik selama proses pengeringan agar hasil lebih maksimal. Apabila sudah kering, Anda bisa melepas cetakan secara perlahan.

Itulah cara mudah membuat pot bunga minimalis dari beton. Agar hasil pot lebih bagus maka Anda harus menggunakan bahan berkualitas, salah satunya yaitu semen. Semen terbaik yang dapat meningkatkan kualitas pot yang Anda buat adalah Semen Tiga Roda. Semen satu ini memiliki kemampuan merekatkan yang baik sehingga pot bisa lebih tahan lama. Dapatkan Semen Tiga Roda di toko-toko bangunan terdekat karena semen ini sudah beredar luas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.