Ciri-ciri Perhiasan Berlian Asli dan Palsu, Anda Wajib Tahu

perhiasan berlian
Sebelum menentukan berlian mana yang jadi pilihan Anda, tentunya ada hal yang perlu Anda lakukan. Ya, mengecek keaslian dari berlian tersebut. Pastinya Anda tak mau jika sampai tertipu dalam membeli perhiasan berlian. Selain merugikan Anda dalam segi materi, perhisan berlian palsu jelas tak akan seindah perhiasan dari bahan berlian asli. 

Ada beberapa tes sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menemukan perhiasan dengan hiasan berlian Asli. Dengan cara sederhana ini, Anda bisa saja membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu. Mari langsung saja simak caranya berikut ini. 

Cara Mengetahui Berlian Asli dan Palsu 


Cara sederhana ini jelas akan sangat mudah untuk Anda lakukan. Dengan cara ini pun Anda bisa terhindar dari segala bentuk penipuan dalam jual beli berlian. Nah, berikut caranya. 

Gosok Dengan Amplas 


Cara satu ini bisa disebut sebagai cara mengecek keaslian berlian secara tradisional, serta tentunya cara ini juga cukup mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu mengamplas permukaan berlian dengan amplas. Perlu Anda ketahui berlian asli tidak akan tergores sedikitpun ketikan diamplas, sedangkan berlian palsu akan tergores ketikan Anda amplas. Kenapa berlian tidak dapat tergores sedikit pun dengan diamplas, hal ini dikarenakan berlian memiliki kekerasan 10 skala MOS. 

Lakukan Cek Kilau Berlian Dalam Cahaya 


Cara kedua untuk mengecek keaslian dari berlian adalah dengan mengecek kilauan berlian dalam cahaya. Perlu Anda ketahui bahwa berlian Asli memiliki pantulan cahaya yang unik. Maka dari itu, berlian asli akan memberikan kilau abu-abu dan putih, sedangkan untuk berlian palsu akan memberikan kilauan warna pelangi. Cara sederhana ini tentunya mudah sekali untuk Anda lakukan dalam mengecek keaslian berlian. 

Lakukanlah Tes Embun


Cara mudah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengetes keaslian berlian adalah dengan melakukan tes embun. Cara ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu meletakkan berlian di depan mulut Anda dan kemudian hembuskan embun nafas ke arah berlian. Jika berlian asli maka berlian tersebut akan segera mendispersikan panas dari napas Anda, dan berlian asli tidak akan mudah berembun. Sedangkan jika berlian palsu, maka embun akan bertahan selama beberapa detik di permukaan berlian tersebut. 

Perhatikan Keterbiasan Dari Berlian 


Hal lain yang perlu Anda ingat dari sifat berlian asli adalah berlian dapat membelokan cahaya atau membiaskan cahaya yang melaluinya. Dengan demikian tampilan berlian asli akan sangat terang, jika dibanding dengan berlian palsu. Berlian palsu tidak akan memiliki kilauan seterang berlian asli, sebab berlian palsu memiliki keterbiasanya yang redah. Selalu perhatikan keterbiasan berlian secara teliti. 

Agar makin paham, Anda bisa menggunakan cara uji titik. Cara ini cukup mudah, Anda hanya perlu menggambar sebuah titik di atas selembar kertas putih, kemudian letakan berlian di atas pusat titik tersebut. Lihatlah lurus ke arah berlian, jika berlian palsu, maka Anda bisa melihat pantulan lingkaran pada berlian tersebut. Jika berlian asli, maka Anda tidak akan melihat titik tersebut. 

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengecek keaslian dari sebuah perhiasan berlian. Dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas tentunya Anda bisa mengenali ciri-ciri dari berlian asli dan berlian palsu. Jadi jangan sampai Anda tertipu dalam melakukan transaksi jual beli berlian. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.