Bunga Deposito Memberikan Keuntungan Dengan Resiko yang Minim

Deposito adalah sebuah produk bank berupa tabungan berjangka. Dalam artian, nasabah yang membuka rekening tabungan ini, menyimpan sejumlah uang ke dalam rekening deposito dalam jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan atau dipilih sendiri oleh nasabah. Selama jangka waktu tersebut, nasabah tidak bisa mengambilnya uangnya sama sekali. JIka pun, akhirnya nasabah terdesak untuk mengambil uang tersebut, akan ada penalti yang diberikan. Namun begitu, salah satu alasan utama biasanya orang membuka rekening pada produk ini adalah besarnya bunga deposito yang ditawarkan. Ini seperti sebuah investasi dengan bunga yang relatif besar dan stabil.

Keuntungan deposito

Selain suku bunga deposito yang tinggi, umumnya ada lima alasan yang diberikan oleh para nasabah mengapa memilih produk keuangan ini untuk menyimpan uang mereka, antara lain:

Untung yang besar

Menyimpan uang di bank memberikan jaminan keamanan dari pencurian dan perampokan jika dibandingkan dengan menyimpan di rumah. Namun, bunga tabungan cenderung kecil. Sehingga, bagi mereka yang bukan sekedar ingin menyimpan uang saja, tetapi juga ingin mendapatkan keuntungan, deposito adalah pilihan yang tepat. Suku bunga deposito relatif besar. Pada Bank Sinarmas saja, bunga deposito yang ditawarkan hingga mencapai 5,75%. Selain itu, makin lama Anda jangka waktu yang diambil dalam penyimpanannya, makin besar pula keuntungan yang didapat


Uang terjamin keamanannya

Menyimpan uang dengan tabungan deposito akan memberikan rasa aman. Baik dari tindak kriminalitas jika menyimpannya di rumah, juga dari tangan Anda sendiri. Deposito memungkinkan Anda untuk tidak dapat menyentuh uang yang telah disimpan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, untuk kebutuhan apapun, Anda tidak akan bisa menarik uang yang telah disimpan. Kecuali, jika Anda ingin terkena penalti

Resiko rendah

Banyak orang menganggap, deposito merupakan bentuk dari investasi. Karena kita menanamkan uang (dalam hal ini melakukan penyimpanan uang di bank) dan mendapatkan keuntungan di akhir periode jangka waktu. Dibandingkan Anda melakukan investasi pada saham ataupun usaha yang memiliki nilai fluktuatif, terkadang untung tetapi bisa juga merugi, resiko yang ditimbulkan pada deposito sangat rendah bahkan tidak ada sama sekali. Bunga deposito cenderung flat sesuai dengan perjanjian yang dilakukan di awal pembukaan rekening.

Akses bunga mudah

Bunga yang dihasilkan dari rekening tabungan deposito yang Anda lakukan dapat diakses dengan mudah. Bisa dilakukan dengan cara tarik tunai ataupun mentransfernya ke rekening pribadi kita yang lain. Selain itu, jika pada akhir periode kita ingin mendepositokan lagi uang tersebut, ada sistem ARO atau Automatic Roll Over yang bisa dilakukan secara otomatis. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, ada kemungkinan terjadi kenaikan besaran bunga karena terjadi bunga majemuk.

Investasi menguntungkan

Selain keuntungan bunga yang flat dan tidak terjadi penurunan, deposito memang investasi yang sangat menguntungkan karena minim kerugian. Selain itu, produk bank ini juga mendapat jaminan keamanan oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Jadi, jika pun terjadi sesuatu pada bank tempat Anda membuka tabungan deposito, Anda dapat melakukan klaim atas dana tersebut agar dibantu proses pengembaliannya.

Dana darurat

Deposito bisa menjadi dana darurat yang tidak bisa digunakan kecuali jangka waktu deposito berakhir. Hal ini dapat mengamankan uang Anda agar tidak terpakai sewaktu-waktu. Bisa menjadi dana cadangan, jika pun sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang membuat Anda mengalami kebangkrutan ataupun tak ada lagi pekerjaan yang bisa menghasilkan uang

Salah satu bank yang menawarkan bunga deposito yang tinggi dan kompetitif adalah Bank Sinarmas. Pembukaan rekeningnya pun juga sangat mudah, bahkan bisa dilakukan secara online tanpa perlu mengunjungi bank secara langsung. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.