Ups, 6 Kebiasaan Mandi Ini Justru Bikin Kamu Jadi Nggak Sehat!


Mandi, aktivitas yang satu ini identik dengan membawa kesegaran, kebersihan, dan bisa menjaga kesehatan. Tapi tahu nggak sih kalau ada beberapa kebiasaan yang kamu lakukan saat mandi justru malah bikin kamu sakit atau bikin kulit kering. Salah pilih sabun mandi misalnya, kamu disarankan pilih sabun mandi cair untuk melembutkan supaya setelah mandi kulit tetap lembut dan nggak bersisik.


Menurut dr. Jeremy S. Fenton dari Schweiger Dermatology Group, kamu hanya perlu waktu sekitar 5 hingga 10 menit buat mandi. Pakai suhu yang cukup nyaman, jangan biarkan ruangan beruap berlebih supaya kulit kamu nggak kering, Ladies! Setelah itu aplikasikan lotion selama 3 menit supaya kulit kamu tetap lembab. 


Selain soal waktu, lama mandi, dan suhu, masih banyak kebiasaan remeh lain yang nggak sehat. Apa aja?




  • Menyabun seluruh permukaan tubuh


Kamu nggak perlu membersihkan permukaan seluruh tubuh pakai sabun saat mandi. Pakai sabun hanya pada bagian tubuh yang beraroma tidak sedap dan kotor seperti daerah lipatan, dada, ketiak, punggung atas, area genital, dan jari kaki. Anggota tubuh yang lain cukup kamu bilas secukupnya saja. Kenapa harus gini? Bahan aktif dalam sabun menghilangkan minyak alami pada kulit. 


  • Nggak mengeringkan tubuh dengan sempurna


Setelah mandi, pastiin kamu benar-benar mengeringkan tubuh. Bukan hanya di bagian atas tubuh saja tapi juga di sela-sela jari. Setiap bagian harus benar-benar kering. Ini untuk menghindari supaya tubuh kamu nggak dihinggapi oleh bakteri atau jamur. Tahu kan kalau jamur dan bakteri suka berada di tempat yang lembab? Sebelum pakai baju, keringkan bagian tubuh yang basah supaya patogen tersebut tidak terperangkap dalam tubuh. 


  • Nggak pakai filter air


Di rumah masih suka mandi pakai bak mandi? Jangan buru-buru ganti dengan shower, ladies. Lebih baik kamu gunakan filter air yang bisa dipasang di kran untuk meminimalisir kotoran dan bahan-bahan kimia yang ikut ngalir untuk membersihkan tubuh selama mandi. Kandungan klorin, dan bahan kimia lain pada air bisa memperburuk kondisi kesehatan dan bikin kulit jadi kering. 


  • Mandi keseringan


Berapa kali kamu mandi dalam sehari? Di Indonesia, umumnya mandi hanya dilakukan dua kali sehari, saat pagi dan sore hari. Tapi sebetulnya, kalau kamu nggak terlalu banyak berkeringat, gerah, kotor, atau banyak ngelakuin aktivitas outdoor, mandi cuma sekali aja nggak masalah kok. Tujuan nggak sering-sering mandi adalah untuk menjaga kelembaban alami tubuh. Semakin usia bertambah, kulit makin sedikit produksi kelenjar minyak, makanya jadi gampang kering. 


  • Terlalu sering berendam


Berendam dalam air hangat setelah seharian aktivitas emang enak. Eits, tapi ternyata berendam punya resiko yang lebih besar lho untuk kesehatan, yaitu bisa memicu ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Ini karena saat kamu berendam, bahan-bahan yang terkandung dalam produk yang digunakan untuk berendam lebih mudah masuk ke saluran kemih. Apalagi kalau air untuk berendam yang kamu pakai nggak bener-bener bersih, resiko terjadinya ISK jauh lebih besar.


  • Menggunakan bahan yang tidak aman untuk tubuh 


Ada banyak produk kebersihan tubuh di pasaran. Justru karena itu kamu harus lebih hati-hati dalam memilih mana produk yang harus digunakan. Kamu bisa pilih produk Lervia, sabun mandi cair untuk melembutkan dengan kandungan 100% ekstrak susu kambing supaya kulit kamu lembut dan sehat setiap habis mandi. Kandungan pH alami pada susu kambing serupa dengan pH tubuh manusia, makanya sabun susu Lervia cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.