Apa Itu Cyber Security Indonesia dan Mengapa Itu Penting?

cyber security indonesia

Keamanan siber dapat digambarkan sebagai metode, teknologi, dan proses kolektif untuk membantu melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan sistem komputer, jaringan, dan data, dari serangan siber atau akses tidak sah. Tujuan utama dari cyber security Indonesia adalah untuk melindungi seluruh aset perusahaan tertentu baik dari ancaman eksternal maupun internal. 

Karena aset perusahaan terdiri dari beberapa sistem yang berbeda, postur keamanan dunia maya yang efektif dan efisien memerlukan upaya terkoordinasi di semua sistem informasinya. Oleh karena itu, keamanan cyber terdiri dari sub-domain berikut:

Keamanan Aplikasi

cyber security indonesia

Keamanan aplikasi melibatkan penerapan berbagai pertahanan dalam semua perangkat lunak dan layanan yang digunakan dalam perusahaan terhadap berbagai ancaman. Ini memerlukan perancangan arsitektur aplikasi yang aman, penulisan kode keamanan, penerapan validasi input data yang kuat, pemodelan ancaman, dll. Untuk meminimalkan kemungkinan akses tidak sah atau modifikasi sumber daya aplikasi. 

Manajemen Identitas dan Keamanan Data

Manajemen identitas mencakup kerangka kerja, proses, dan aktivitas yang memungkinkan otentikasi serta otorisasi individu yang sah ke sistem informasi dalam suatu perusahaan. Keamanan data melibatkan penerapan mekanisme penyimpanan informasi yang kuat yang memastikan keamanan data saat istirahat dan dalam perjalanan.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan melibatkan penerapan mekanisme perangkat keras dan perangkat lunak untuk melindungi jaringan dan infrastruktur dari akses yang tidak sah, gangguan, dan penyalahgunaan. Keamanan jaringan yang efektif membantu melindungi aset perusahaan dari berbagai ancaman eksternal dan internal.

Keamanan Seluler

Keamanan seluler cyber security Indonesia mengacu pada perlindungan informasi perusahaan dan pribadi yang disimpan di perangkat seluler seperti ponsel, laptop, tablet, dll. Dari berbagai ancaman seperti akses tidak sah, kehilangan atau pencurian perangkat, malware, dll. 

Keamanan Cloud

Keamanan cloud terkait dengan perancangan arsitektur cloud yang aman dan aplikasi untuk perusahaan yang menggunakan berbagai penyedia layanan cloud seperti AWS, Google, Azure, Rackspace, dll. Arsitektur dan konfigurasi lingkungan yang efektif memastikan perlindungan terhadap berbagai ancaman. 

Pentingnya dan Tantangan Keamanan Dunia Maya

Mengingat lanskap teknologi yang berkembang pesat dan fakta bahwa adopsi perangkat lunak terus meningkat di berbagai sektor termasuk keuangan, pemerintah, militer, ritel, rumah sakit, pendidikan, engineering, dan lain-lain, semakin banyak informasi menjadi data digital dan dapat diakses melalui nirkabel dan jaringan komunikasi digital kabel dan dunia internet yang ada di mana-mana. Semua informasi yang sangat sensitif ini sangat berharga bagi penjahat dan pelaku kejahatan, oleh karena itu penting untuk melindunginya menggunakan langkah dan proses keamanan siber yang kuat.

Pentingnya strategi keamanan dunia maya yang baik terbukti dalam pelanggaran keamanan profil tinggi baru-baru ini dari perusahaan seperti Equifax, Yahoo, dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), yang kehilangan informasi pengguna yang sangat sensitif yang menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kedua keuangan mereka. Dan seperti yang ditunjukkan trennya, laju serangan dunia maya tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Perusahaan, baik besar maupun kecil, setiap hari menjadi sasaran penyerang untuk mendapatkan informasi sensitif atau menyebabkan gangguan layanan.

Mengingat luasnya sub-domain serta pentingnya keamanan siber ini, menjadikannya berbanding lurus dengan karir di bidang ini. Salah satu tempat paling tepat untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di bidang cyber security Indonesia adalah IDS Digital Collage. Tempat ini adalah tempat yang tepat karena memberikan fasilitas dan juga kualitas yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.