Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak Yang Praktis

cara menyembuhkan batuk pada anak

Mengalami masalah anak yang sedang batuk tentunya cukup merepotkan, terlebih jika batuk yang dialami tidak juga kunjung sembuh kekhawatiran sebagai orang tua bisa membuat berbagai aktivitas harian terganggu. Masalah penyakit batuk sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diatasi asalkan sebagai orang tua mengetahui bagaimana cara menyembuhkan batuk pada anak yang praktis dan pastinya lebih mudah diterapkan untuk usia anak-anak. 

Untuk penyembuhan penyakit batuk pada anak sendiri sebenarnya hanya perlu memperhatikan akan asupan makannya, dengan memberikan berbagai makanan yang bergizi dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dalam usia perkembangannya. Perhatikan juga akan kebersihan anak karena berbagai kuman dan bakteri bisa datang dari tempat-tempat yang kotor. Kemudian jika masalah untuk batuk anda terus menerus maka beberapa cara menyembuhkan batuk pada anak yang mudah berikut ini bisa dicoba di rumah.

cara menyembuhkan batuk pada anak

Konsumsi buah nanas. Buah nanas yang manis dan segar bisa menjadi cara mudah pertama untuk mengatasi masalah batuk anak. Dalam nanas terkandung bromelain yang merupakan senyawa untuk obat batuk sekaligus mengencerkan lendir pada tenggorokan. Untuk dijadikan sebagai obat bagi anak anda bisa menjadikan buah nanas sebagai jus sehingga anak lebih mudah mengkonsumsinya. Atau bisa juga dengan memotong-motongnya terlebih dahulu supaya anak lebih mudah mengkonsumsinya. 

Madu. Berbagai keistimewaan dan manfaat dari madu sudah banyak orang ketahui, dan salah satunya dalam mengatasi masalah tenggorokan yang terganggu karena batuk. Dalam berbagai penelitian pun ditemukan ternyata mengkonsumsi madu lebih baik dibandingkan dengan zat khusus untuk meredakan batuk. Terlebih lagi mengkonsumsi madu juga aman dari efek samping bagi usia anak. Untuk menggunakan madu sebagai obat batuk anak dapat dilakukan dengan mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau lemon, anda juga bisa mengoleskan madu pada roti tawar sebagai selai. Yang perlu diperhatikan dalam pemberian madu usahakan jangan diberikan pada anak usia 12 bulan kebawah karena bisa menyebabkan botulisme atau keracunan.

Pastikan anak istirahat yang cukup. Masa anak yang aktif terkadang membuatnya kurang istirahat, padahal untuk masa pertumbuhan istirahat yang cukup bagi anak sangat diperlukan terlebih lagi saat anak mengalami masalah penyakit batuk. Dari itu pastikan waktu istirahat anak terpenuhi sehingga bisa pulih lebih cepat dan kekebalan sistem imun anak kiha meningkat.

Berikan uap. Anda bisa memanfaatkan uap untuk meredakan batuk pada anak. Caranya mudah cukup dengan menyalakan air panas di pancuran kamar mandi, lalu tutup pintunya sehingga ruangan menjadi beruap. Setelah itu duduklah di kamar mandi bersama anak anda kurang lebih 20 menit, uap yang terhirup bisa membantu pernapasan anak dan mengencerkan dahak yang mengganggu. Selain itu juga bisa dibuat dalam wadah yang telah berisi air hangat untuk dihirup uapnya secara langsung oleh anak. 

Berikan jus lemon hangat. Cara praktis dan mudah selanjutnya guna menyembuhkan batuk pada anak bisa menggunakan jus lemon yang hangat. Buah lemon sendiri banyak mengandung nutrisi yang mampu mengatasi masalah batuk pada anak. Tidak hanya itu masalah penyakit lainnya pada anak seperti infeksi pada pernapasan dan pilek juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus lemon hangat. Untuk cara pemberiannya anda bisa memberikan satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam sekali. Jangan lupa juga dengan pemberian air hangat guna melindungi tenggorokan yang sakit. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.