Hindari 4 Hal Agar Lulusan Jurusan Teknik Informatika Dapat Bersaing Dalam Dunia Kerja

jurusan teknik informatika

Menjadi mahasiswa teknik informatika sangatlah membanggakan karena selalu mengikuti perkembangan teknologi. Selama perkuliahan, mahasiswa akan lebih sering mengerjakan projek-projek baik yang berhubungan dengan perangkat keras maupun perangkat lunak. Dari projek-projek tersebut mereka akan mampu menciptakan karya yang bermanfaat untuk orang banyak. Jurusan teknik informatika selalu ramai peminat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. 

4 Hal Yang Harus Dihindari Agar Sukses Berkarir Setelah Lulus

Menjadi mahasiswa teknik informatika tidaklah semudah yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan tugas-tugas teknik informatika cukup sulit dan rumit. Agar Anda lebih mudah diterima kerja setelah lulus maka silahkan simak beberapa hal yang harus Anda hindari.

Jarang Update Informasi

Mahasiswa teknik informatika dituntut untuk selalu up to date dengan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan teknologi. Hal ini bisa dikatakan wajib mengingat teknologi terus berkembangan begitu cepat. Meskipun Anda akan mendapatkan materi dari perkuliahan namun Anda tetap harus aktif untuk mencari informasi terbaru lainya. 

jurusan teknik informatika

Hal baik dari selalu rajin mencari informasi terkini yaitu Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas atau proyek yang diberikan dosen. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan informasi tersebut.

Tidak Memahami Jurusan Yang Diambil

Hal umum yang membuat lulusan teknik informatika kurang bisa bersaing dalam dunia kerja yaitu tidak paham dengan jurusan yang diambil. Banyak diantara mahasiswa yang memilih jurusan IT karena memang sedang naik daun dari pada jurusan lainnya. Jika alasan mahasiswa memilih jurusan ini dengan alasan sedang booming itu artinya mereka tidak benar-benar mengetahui apa yang akan dipelajari nantinya. 

Hal yang demikian tentu akan berdampak terhadap proses perkuliahan. Mereka yang tidak terlalu paham dengan IT akan semakin kesulitan mempelajari materi-materi yang diberikan. Alhasil, setelah lulus skill mereka tidak terlalu bagus sehingga mudah tersingkir dalam persaingan kerja.

Salah Pilih Jurusan

Salah dalam memilih jurusan merupakan masalah yang krusial dan banyak dialami oleh para mahasiswa. Mahasiswa yang salah dalam memilih jurusan akan mendapat banyak kendala seperti susah memahami materi, mudah menyerah dengan tugas-tugas yang diberikan serta kesulitan dalam beradaptasi. Jika selama proses perkuliahan Anda sudah merasa kesulitan maka ilmu yang diserap pun tidak akan maksimal. Oleh sebab itu, pikirkan jauh-jauh hari jurusan yang akan Anda ambil ketika kuliah nanti. Dengan persiapan yang matang pun Anda sudah dapat membayangkan seperti apa nanti perkuliahan yang akan Anda jalani.

Kurang Pergaulan

Mahasiswa teknik informatika memang memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Salah satunya yaitu harus memperluas pergaulan agar dapat saling bertukar informasi seputar teknologi yang terbaru. Oleh sebab itu, mahasiswa IT disarankan untuk aktif mengikuti komunitas atau event. Hal ini pun juga akan memberikan pengalaman baru sehingga akan lebih kreatif dalam menciptakan karya.

IDS Digital College

IDS Digital College adalah sekolah tinggi ilmu informatika yang telah menggunakan kurikulum internasional. Selain itu, mahasiswa juga dapat memilih pembelajar secara online maupun offline. Mahasiswa lulusan sekolah tinggi ini akan jauh lebih siap dan percaya diri dalam menjajaki dunia kerja karena mereka akan dibekali berbagai pelatihan. Lulusan pun juga mampu membuat karya-karya yang berhubungan dengan teknologi karena mereka akan dibiaskan dengan real world assignment.

Jika Anda tertarik bergabung dengan IDS Digital College maka Anda dapat memilih jurusan yang ditawarkan yaitu Software Engineer, Mobile Apps & Games Developer serta Cyber Security. Proses belajar pun akan lebih menyenangkan karena Anda akan diajar langsung oleh pengajar yang berpengalam dan professional pula.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.