Pembayaran Listrik Online, Apa Itu dan Mengapa Menggunakannya



Selain kenyamanan untuk pembayaran tagihan dari ponsel cerdas Anda sendiri siang atau malam, Anda akan menghemat biaya bahan bakar dan juga waktu ketika membayar langsung ke kantor atau agen pembayaran tagihan. Berapa banyak tagihan yang Anda harus Anda bayarkan setiap bulan? Sewa apartemen atau cicilan rumah, pembayaran listrik, internet, TV kabel, ponsel, kartu kredit, dan daftar tagihan ini pastinya akan terus bertambah.

Bagi banyak orang, jawabannya ada dalam dua hal. Dan sesekali, salah satu tagihan itu luput dari pikiran Anda dan Anda dikenakan biaya keterlambatan pembayaran. Menurut survei tahun 2016 oleh sebuah perusahaan teknologi keuangan, lebih dari sepertiga konsumen, atau 35% responden, membayar tagihan terlambat dalam 12 bulan sebelumnya, dan 65% diantaranya menimbulkan denda atau biaya keterlambatan.



Pembayaran tagihan online, layanan yang ditawarkan oleh banyak  bank yang salah satunya adalah Bank Sinarmas, memudahkan untuk mengatur dan membayar tagihan Anda, dan menghindari biaya tambahan atau denda keterlambatan. Selain kenyamanan membayar tagihan dari ponsel cerdas Anda sendiri siang atau malam, Anda akan menghemat biaya bahan bakar dan juga waktu ketika membayar secara tunai.

Membayar tagihan Anda secara online bukanlah sesuatu hal yang baru dan ini dilakukan oleh sebagian besar orang di Indonesia. Tetapi kebanyakan melakukannya menggunakan beberapa situs web dan berbagai penyedia jasa pembayaran tagihan. Yang sebenarnya hal semacam ini meningkatkan kemungkinan Anda lupa untuk membayar tagihan seperti pembayaran listrik.

Alih-alih menggunakan cara di atas, pikirkan tentang menerima dan membayar tagihan Anda melalui bank Anda, misalnya di Bank Sinarmas melalui aplikasi SimobiPlus sebagai satu daftar, di satu tempat. Dan pertimbangkan bagaimana hal itu dapat menyederhanakan masalah.

Bagaimana Itu Bekerja?

Konsepnya sederhana. Setelah Anda masuk ke rekening bank Anda, navigasikan ke fitur pembayaran tagihan online. Kemudian, Anda memilih tagihan mana yang ingin Anda bayar dan memasukkan nomor rekening untuk setiap tagihan Anda. Dan kemudian memberi otorisasi kepada bank Anda untuk melakukan pembayaran tagihan untuk Anda.

Pembayaran dapat dikirim oleh bank Anda secara elektronik atau secara online, sehingga Anda dapat membayar tagihan secara online meskipun perusahaan yang menagih Anda tidak diatur untuk cara semacam ini. Dan Anda dapat memilih pembayaran satu kali atau mengatur pembayaran berulang. Anda seringkali dapat memilih apakah akan membayar seluruh saldo, hanya jumlah minimum yang harus dibayar, atau jumlah lain.

Selain membayar perusahaan seperti penyedia listrik atau TV kabel Anda secara online, Anda juga dapat meminta bank Anda mengirim pembayaran kepada seseorang, seperti pemilik rumah Anda. Dan hal ini akan membantu Anda menghilangkan kebutuhan untuk kwitansi atau faktur pembayaran.

Mengapa Menggunakan Pembayaran Online?

Alih-alih membayar satu tagihan internet melalui aplikasi perusahaan internet tersebut, atau tagihan listrik Anda di aplikasi milik PLN, dan menulis faktur atau nota kepada pemilik rumah Anda, fitur pembayaran tagihan online memungkinkan Anda melakukan semuanya dari aplikasi lembaga keuangan Anda. Seperti SimobiPlus yang disediakan oleh Bank Sinarmas dapat membantu Anda untuk melakukan pembayaran listrik bulanan Anda.

Ini membantu Anda mengatur tagihan dan melacak tanggal jatuh tempo pembayarannya. Ini juga  memudahkan untuk melihat ke mana uang Anda pergi  dan kapan itu terjadi. Sehingga Anda dapat memastikan memiliki cukup dana yang tersedia untuk membayar setiap pembayaran yang sulit dilakukan saat membayar melalui beberapa situs web.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.