7 Ciri Khas Desain Ruang Tamu Bergaya Vintage

Ada banyak sekali gaya interior yang bisa Anda terapkan di ruang tamu rumah. Selain desain minimalis yang sedang digandrungi, desain vintage masih menjadi idaman bagi penggemarnya. Sesuai namanya, desain ruang tamu bergaya vintage identik dengan suasana masa lalu dan kesan lampau. Desain ini memberikan kehangatan jaman dulu yang tentu saja sulit Anda dapatkan di masa kini. 

Layaknya gaya interior lainnya, gaya vintage juga memiliki ciri khas tersendiri. Apabila tertarik dengan gaya ini, Anda perlu mengetahui ciri khasnya berikut ini:

Furniture Kayu

Material furniture yang digunakan di ruang tamu vintage kebanyakan adalah kayu. Pasalnya kayu yang memiliki warna alami bisa membuat ruangan tampak lebih jadul dan terkesan vintage. Beberapa furniture yang menggunakan kayu adalah lemari, meja, kursi, hiasan rumah, dan rak. Sementara warna kayu yang kebanyakan dipilih adalah cokelat gelap.

Elektronik Vintage

Elektronik menjadi salah satu dekorasi yang biasanya diterapkan pada desain ruang tamu bergaya vintage. Alat elektronik masa kini tentu saja memiliki nuansa modern sehingga tidak bisa diletakkan di ruang tamu bergaya vintage. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih beberapa elektronik jadul seperti radio, televisi tabung, radio telepon, dan lain sebagainya.

Foto dengan Bingkai Vintage

Memajang foto atau lukisan di ruang tamu merupakan hal yang wajar. Jika Anda salah satu orang yang suka memajang foto di ruang tamu, gunakan kebiasaan tersebut sebagai dekorasi ruang tamu vintage. Cari foto yang agak jadul dan masukkan ke dalam bingkai berdesain vintage. Biasanya bingkai vintage adalah bingkai yang memiliki ukiran pada bagian pinggirannya.

Hiasan Rumah yang Unik dan Antik

Hiasan atau dekorasi akan menambah kesan vintage pada ruang tamu Anda. Oleh sebab itu, jangan sembarangan saat memajangnya. Pastikan hiasan atau dekorasi yang Anda pilih adalah dekorasi yang unik dan antik. Contohnya yaitu vas bunga, lampu kecil, alat musik unik, boneka dan mainan jadul, dan lain-lain.

Chandelier

Listrik merupakan hal yang sulit didapatkan di jaman dulu. Sebagai gantinya, mereka menggunakan lampu yang menerangi ruangan secara temaram. Anda bisa menggunakan konsep tersebut pada ruang tamu vintage. Gunakan chandelier sebagai penerang. Lampu gantung model chandelier membuat kesan vintage sekaligus elegan.

Dinding Warna Pastel

Warna ruangan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan menciptakan ruang tamu vintage. Biasanya bagian dinding ruang tamu ini menggunakan warna pastel. Contohnya yaitu biru, hijau, oranye, kuning lembut, dan lain sebagainya. Tone warna tersebut tidak hanya berkesan vintage, namun juga bisa membuat ruangan lebih terang.

Pelapis Lantai

Selain dinding, lantai juga sangat penting untuk menampilkan kesan jadul. Biasanya lantai yang digunakan pada ruang tamu desain vintage adalah kayu atau parket. Dibandingkan dengan pelapis lantai modern, pelapis lantai tersebut memang membutuhkan lebih banyak anggaran dana. Jika budget terbatas, cobalah untuk mempertimbangkan lantai vinyl.

Itulah ciri khas desain ruang tamu bergaya vintage yang perlu Anda ketahui. Desain ini masih sangat menarik meskipun kita sudah ada di era modern. Memiliki ruang tamu vintage seperti membawa kita kembali ke masa lalu yang menyenangkan. Anda yang membutuhkan inspirasi desain vintage lainnya, bisa mendapatkannya di Masterumah.id. 

Masterumah.id sendiri adalah sebuah platform berbagi inspirasi tentang rumah maupun desain interior. Banyak fitur yang tersedia, salah satunya yaitu tanya Master atau ahli di desain interior. Penasaran bukan dengan platform satu ini? Segera akses sekarang juga di alamat www.masterumah.id. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.