10 Makanan Bernutrisi untuk Daya Tahan Tubuh Anak

 

Daya tahan tubuh anak yang optimal salah satunya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Apabila mereka makan makanan bernutrisi dan sehat maka daya tahan tubuhnya akan lebih baik. Sebaliknya, makanan yang kurang sehat bisa menurunkan daya tahan tubuh dan membuat Si Kecil lebih mudah terserang penyakit. Anda tidak ingin bukan Si Kecil mudah sakit? Oleh sebab itu biasanya makan makanan yang bernutrisi sejak dini. Berikut ini ada 10 macam makanan yang bernutrisi untuk daya tahan tubuh Si Kecil:

Telur

Telur menjadi makanan andalan para orang tua. Tidak hanya lezat dan mudah didapatkan, telur juga bernutrisi. Kandungan satu butir telur terdiri dari protein, vitamin, hingga zat besi. Selain itu, telur juga mengandung omega 3 yang baik untuk otak.

Ikan

Jika ingin memberikan ikan pada Si Kecil, pilih ikan yang berwarna jernih, daging kenyal, dan beraroma segar. Ikan yang memenuhi kriteria tersebut mengandung banyak nutrisi penting. Salah satunya omega 3 yang berperan dalam perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

Sayuran

Sayuran terdiri dari berbagai macam jenis. Setiap warna sayuran ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikan sayuran secara variatif untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel dan pisang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Pisang memiliki kandungan serat dan kalium yang menyehatkan jantung. Sementara apel mengandung senyawa antioksidan bernama quercetin.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan ternyata juga baik untuk kesehatan anak. Pasalnya kacang-kacangan mengandung serat yang menyehatkan pencernaan. Beberapa contoh kacang-kacangan yang bisa dipilih yaitu kacang merah, kacang tanah, dan kacang hitam.

Alpukat

Makanan bernutrisi satu ini bisa dijadikan sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI. Teksturnya lembut sehingga mudah dibuat menjadi bubur atau puree yang lembut. Ada satu kandungan alpukat yang sangat penting yaitu lemak tipe mono-unsaturated fatty acid. 

Ubi

Ubi adalah bahan makanan yang sederhana namun bernutrisi tinggi. Kandungan yang ada di dalamnya yaitu serat, vitamin A, dan juga kalium. Rasanya yang manis pasti sangat disukai Si Kecil. Anda bisa mengolahnya dengan cara yang menarik agar Si Kecil lahap saat menyantapnya.

Gandum-ganduman

Makanan dari gandum-ganduman mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Karena itu, anak bisa kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan risiko obesitas. Beberapa makanan yang masuk ke dalam gandum-ganduman yaitu roti gandum, beras merah, oatmeal, biskuit gandum, dan lain-lain.

Susu

Susu kaya akan berbagai macam nutrisi yang mampu menjaga daya tahan tubuh anak. Contohnya yaitu vitamin, kalsium, protein, kalium, dan lain sebagainya. Anda bisa memberikan satu hingga dua gelas susu setiap hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang baik untuk anak. Kandungan vitamin D dan protein di dalamnya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kandungan probiotik dari yogurt bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Itulah 10 makanan bernutrisi untuk daya tahan tubuh Si Kecil yang baik. Selain makanan tersebut, masih ada makanan lain seperti tempe, kacang tanah, bawang putih, dan biji-bijian. Pastikan memberikan nutrisi yang tidak hanya lengkap namun juga seimbang. Untuk Anda yang bekerja di bidang pediatri serta nutrisi anak, bergabunglah dengan platform profesional bertajuk Nutricia Professional. Di platform tersebut Anda bisa belajar mengenai ilmu terbaru seputar pediatri dan nutrisi anak. Website resmi dari Nutricia Professional untuk mendaftar sebagai member adalah www.nutriciaprofessional.id. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.