Tips dan Cara Membuat Kartu Kredit Bank Sinarmas



Keuntungan kartu kredit Sinarmas adalah bebas iuran tahunan kartu kredit seumur hidup untuk semua kartu kredit personal. Bank Sinarmas menawarkan 2 jenis secure credit card, yaitu kartu kredit Indigo bank Sinarmas dan Orami Sinarmas. Lalu, bagaimanakah cara membuat kartu kredit tersebut? Untuk membuatnya, Anda wajib memiliki lock dana di Tabungan Sinarmas minimal Rp 500.000.

Cara membuat kartu kredit Sinarmas dimulai dengan cek syarat dan dokumen, pilih jenis kartu kredit, status BI checking wajib bersih, ajukan online atau offline, verifikasi oleh analis kredit bank dan persetujuan kartu kredit.

Cara membuat kartu kredit Bank Sinarmas agar disetujui


Cek syarat dan dokumen membuat kartu kredit

Banyak nasabah yang permohonan kartunya ditolak karena tidak memenuhi syarat dan dokumennya kurang lengkap. Jadi, kunci agar pengajuan bisa berhasil disetujui yaitu sudah memahami syarat dan dokumen yang diminta, dan memastikan bisa memenuhi semua ketentuan tersebut. Persyaratan pengajuan kartu kredit Sinarmas yang harus dipenuhi untuk mendaftar, adalah:

  1. Pendapatan minimum Rp 3 juta per bulan. Syarat penghasilan ini tidak bisa diganggu gugat karena ketentuan dari Bank Indonesia

  2. Usia, untuk kartu utama minimal 21 tahun dan  maksimal 65 tahun, sedangkan kartu Tambahan minimal 17 tahun* dan maksimal 65 tahun

  3. KTP wajib disampaikan sebagai dokumen identitas

  4. Dokumen - dokumen lain sesuai dengan profesi pengajuan.

Pilihlah jenis kartu kredit yang akan diajukan

Bank Sinarmas menawarkan berbagai pilihan kartu yang bisa Anda pilih. Kenapa penting menentukan akan apply jenis kartu kredit yang mana sebelum memulai proses pengajuan kartu kredit ? Jenis kartu menentukan limit dan fasilitas. 

  • Limit kartu kredit Gold sekitar Rp 14 juta hingga Rp 19 juta

  • Limit kartu kredit Silver Rp 5 juta dan Mastercard Gold Rp 19 juta

  • Limit kartu kredit paling tinggi, yakni Rp 450 juta untuk kartu jenis Platinum.

Bisa juga memilih kartu berdasarkan manfaat utama yang ditawarkan. Ada yang menawarkan manfaat berupa poin flyers, jadi kalau transaksi akan mendapatkan poin yang bisa ditukar untuk membeli tiket pesawat. Ada pula yang manfaatnya adalah cashback, belanja dapat diskon dalam bentuk cashback. Masing masing kartu punya persyaratan dan kriteria sendiri, misalnya minimum penghasilan, persyaratan dokumen. 

Jadi, kita sebaiknya memilih jenis kartu kredit yang tidak hanya sesuai dengan keinginan tetapi juga memiliki persyaratan yang bisa kita penuhi. Kalau baru pertama punya kartu atau baru bekerja, saran Kami pilih yang jenis paling basic dengan syarat minimum penghasilan yang paling kecil.

Status di BI Checking, SLIK OJK

Bank sinarmas pastinya akan mengecek apakah nasabah memiliki catatan kredit yang bagus di BI checking atau sekarang disebut SLIK OJK. Caranya yaitu apakah nasabah memiliki Riwayat pinjaman yang menunggak atau tidak. 

Jika pernah punya tunggakan dan sekarang sudah lunas, itupun akan jadi catatan bank dan pasti akan mempengaruhi keputusan, meskipun case-nya tidak akan seburuk yang masih punya tunggakan dan belum lunas.

Bank biasanya akan melihat berapa lama tunggakan, 30 hari masih dianggap oke, lebih dari 30 hari sudah dianggap tidak baik. Jadi, jangan sampai memiliki tunggakan pinjaman yang lebih dari 30 hari. 

Pastikan memiliki slip gaji yang valid

Dalam proses verifikasi, bank biasanya meminta dokumen, yaitu KTP, NPWP, dan juga slip gaji. Yang menjadi catatan disini yaitu untuk slip gaji, tidak semua kantor mengeluarkan slip gaji. Lebih baik, mintalah pada HRD. Jangan dibuat-buat. 

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat kartu kredit agar disetujui. Semoga membantu. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.