Berikut Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi yang Tepat



Kulit bayi masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan sehingga cenderung lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Karena sensitivitas yang tinggi itulah, bayi sering mengalami iritasi yang lebih dikenal dengan istilah ruam popok. Masalah ini memang tidak berbahaya namun bisa mengganggu tumbuh kembang dan kenyamanan Si Kecil. Anda harus segera mengatasinya dengan cara mengatasi ruam popok pada bayi berikut ini:

1. Bersihkan Daerah Popok dengan Benar

Bakteri dan kotoran pada daerah popok akan menyebabkan ruam semakin parah. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan daerah popok dengan benar. Basuh bokong dan organ genital Si Kecil dari depan ke belakang. 

Keringkan memakai handuk hingga benar-benar kering sebelum memakai popok. Jika perlu, Anda bisa mengangin-anginkan daerah popok Si Kecil selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sebelum memakai popok.

2. Gunakan Pelembab atau Minyak Khusus

Ada beberapa bahan yang dipercaya mampu meredakan ruam popok pada Si Kecil, contohnya yaitu petroleum jelly. Pastikan pelembab yang Anda pilih sudah mendapatkan izin BPOM. Selain itu, jangan sekali-kali memberikan bedak pada area yang mengalami ruam.

3. Biarkan Si Kecil Tidak Memakai Popok Beberapa Saat

Jika ingin proses penyembuhan lebih cepat, biarkan Si Kecil tidak memakai popok beberapa saat. Misalnya pada waktu siang hari yang biasanya digunakan untuk bermain. Hal ini membantu kulit bernapas dan menghindari kelembaban. 

4. Pilih Popok yang Tepat

Pemilihan popok sangat penting untuk mengatasi ruam. Cari popok dengan kriteria berikut yaitu elastis, berdaya serap tinggi, tidak kembali ke permukaan, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan juga ukurannya tidak terlalu ketat. 

5. Rutin Mengganti Popok

Popok bayi perlu diganti setiap sekitar 3 sampai 4 jam sekali. Terlalu lama kontak dengan feses dan urine bisa memperparah ruam. Selain itu, jangan tunggu sampai 4 jam jika Si Kecil BAB. Langsung ganti popok karena feses penuh bakteri. 

Nah, itulah cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa Anda lakukan. Masih mencari popok yang tepat untuk Si Kecil? MAKUKU SAP Diapers adalah pilihan yang tepat. Popok dengan teknologi SAP ini mampu meminimalisir ruam popok dengan berbagai kelebihannya. Mulai dari super tipis, anti gumpal, sirkulasi udara yang baik, struktur 3D, dan lain sebagainya. Ayo beli MAKUKU SAP Diapers di toko kesayangan Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.