Lingkungan Sehat Wujudkan Generasi Berkualitas

Menciptakan generasi yang berkualitas adalah tujuan pemerintah saat ini. Konsep pendidkan nasional adalah pembentukan watak/karakter siswa. Saat ini yang dinilai bukanlah kuantitas tetapi kualitas. Siswa dituntut untuk mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
Lingkungan Sehat Wujudkan Generasi Berkualitas
Bukan lagi hafalan yang dikejar. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk generasi yang berkulitas. Untuk membentuk generasi yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan proses yang panjang malah bisa sampai bertahun-tahun. Proses panjang tersebut dapat diperoleh dari pendidikan keluarga. Untuk itu generasi yang berkualitas dapat diperoleh dari keluarga yang memiliki lingkungan sehat. Mengapa demikian?

Keluarga adalah pendidikan pertama anak. Jadi pendidikan dasar anak diperoleh dari lingkungan keluarga. Oleh karena itu untuk menciptakan generasi berkualitas harus diawali dari pendidikan keluarga yang berkualitas pula. Dalam lingkungan keluarga, setiap individu dituntut tidak sekedar mampu memahami dan mengerti nilai-nilai, norma, ilmu dan keterampilan namun harus mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Contoh kecil dalam menjaga lingkungan sehat

Keluarga yang terbiasa tertata, disiplin, dan bersih akan tercermin dari perilaku anak. Begitu pula keluarga yang amburadul dari kedisiplinan, kesehatan, dan kebersihan akan tercermin pula pada perilaku anak yang amburadul. 

Keluarga melalui delapan fungsinya yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, ekonomi, biologis dan kesehatan, pendidkan, melindungi dan fungsi pembinaan lingkungan merupakan wahana persemaian nilai-nilai budaya bangsa dan norma agama yang efektif untuk membangun karakter/kepribadian anak. 

Oleh karena itu untuk memperoleh generasi yang berkualitas harus dibentuk dahulu keluarga yang memiliki delapan fungsi tadi. Salah satunya yaitu fungsi pembinaan lingkungan. Fungsi pembinaan lingkungan dapat dimulai dari lingkungan keluarga yang sehat. Lingkungan yang sehat ini akan membentuk karakter anak yang disiplin, bertanggung jawab, tenggang rasa, mengembangkan rasa kepedulian, dan kreatif.

Generasi berkualitas dapat terbentuk dari keluarga yang memiliki lingkungan sehat. Karena dalam lingkungan yang sehat mampu mewujudkan pembinaan lingkungan yang memfokuskan pada penciptaan hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara keluarga dan lingkungannya. Selain itu lingkungan yang sehat mampu membentuk karakter generasi disiplin, bertanggung jawab, tenggang rasa, mengembangkan rasa kepedulian, dan kreatif.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.