Prospek Kerja Teknik Informatika, Sudah Tahu?

prospek kerja teknik informatika
Hingga saat ini, jurusan Teknik Informatika selalu menjadi primadona di berbagai perguruan tinggi sehingga tidak mengherankan jika persaingannya cukup ketat. Selain karena kemajuan teknologi, jurusan ini banyak diminati karena memiliki peluang karir menjanjikan. Sudah tahu belum apa saja prospek kerja Teknik Informatika? Jika belum, yuk simak uraian berikut ini.

Prospek Kerja Teknik Informatika


Prospek kerja jurusan Teknik Informatika sangatlah luas dan bisa berbeda-beda tergantung pada pemintaan yang dipilih. Jika tertarik dengan bidang cyber security maka bisa berkarir di bidang keamanan jaringan data seperti Cyber Intelligence Officer dan Computer Security Architect.

Apabila Anda tertarik dengan peminatan Sofware Engineering maka bisa berkarir di bidang Research Scientist, Software Analyst dan Software Developer. Selain itu, berikut beberapa contoh prospek kerja umum alumni jurusan Teknik Informatika.

Mobile Programmer


Pemrograman merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa Teknik Informatika. Ketika sudah lulus, alumni jurusan ini pun bisa membuat program pada perangkat mobile seperti ponsel, komputer atau perangkat lainnya. Nantinya, proses pembuatan program akan dilakukan dari nol hingga siap pakai.

Game Developer


Jurusan Teknik Informatika juga bisa berkarir sebagai pengembang game mengingat saat ini permainan online sangat dibutuhkan. Untuk bisa menekuni bidang ini, Anda membutuhkan ilmu tentang pemrograman dan desain grafis.

Software Engineer


Alumni Teknik Informatika juga bisa bekerja sebagai software engineer yaitu mengembangkan bentuk perangkat lunak sehingga bisa lebih berguna dalam mendukung bidang pekerjaan tertentu. Salah satu contoh hasil pekerjaan ini yaitu software untuk HRD, software akuntansi, software untuk kasir dan masih banyak lagi.

Software Tester


Jika bekerja sebagai software programmer atau developer dirasa cukup sulit, maka Anda pun bisa berkarir sebagai penguji perangkat lunak. Di sini, alumni Teknik Informatika tidak perlu membuat software dari nol tetapi hanya menguji kompatibilitas software. Selain menguji kemampuan, software tester juga harus mengetahui kekurangan produk.

Akademisi


Bagi Anda yang tertarik untuk mengajar maka bisa berkarir sebagai seorang akademisi seperti guru komputer SMP, SMA ataupun dosen. Selain itu, bisa juga bekerja sebagai konsultan IT.

Peluang karir lainnya bagi lulusan Teknik Informatika yaitu Database Administrator, Network Engineer, Web Programmer, Graphic/Special Effect Programmer, Computer Network, Developer Sistem Intellegence, Sistem Integrator, Security Sistem, Desktop Programmer, Information Security Analyst, Penetration Tester dan masih banyak lagi.

Review Tempat Kuliah Jurusan Informatika Terbaik


Untuk bisa mencapai peluang karir di atas, maka Anda pun harus belajar di tempat yang tepat seperti IDS Digital College. Lembaga pendidikan ini membuka program studi S1 Teknik Informatika dengan kurikulum berbasis internasional. Kurikulum tersebut dibuat dengan berkolaborasi bersama PSG School of Technology di India.

Keunggulan lain yang ditawarkan ID Digital College yaitu materi kuliah yang dibuat telah didasarkan pada kebutuhan skill di dunia kerja. Jadi ketika para mahasiswanya lulus bisa langsung mengaplikasikan ilmunya tanpa perlu adaptasi yang lama. Secara garis besar, peminatan jurusan Teknik Informatika di sini dibagi menjadi 3 yaitu Software Engineer, Mobile Apps & Games Development dan Cyber Security.

Pendidikan sarjana ini bisa ditempuh oleh semua lulusan SMA, MAN, SMK atau sederajat. Untuk bisa berkuliah di IDS Digital College, Anda harus mengikuti dan lulus tes seleksi masuk terlebih dahulu. Demikian tadi daftar prospek kerja Teknik Informatika yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan memilih jurusan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.