Tips Membuat dan Memilih Semen Adukan yang Pas

Semen dan pasir menjadi material utama di dalam pembuatan sebuah bangunan. Keduanya merupakan komponen penting dalam dunia konstruksi. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata membuat semen adukan untuk campuran ini tidak boleh sembarangan. Bahkan, kombinasinya harus tepat agar adukan berkualitas.

Nah, bagi Anda yang bingung cara menentukan adukan yang tepat dan berkualitas, di sini akan kami jelaskan cara-caranya kepada Anda.

1.  Campuran Pasir dan Semen Untuk Bata

Campuran pasir dan juga semen sering digunakan untuk menumpuk bata dalam dunia konstruksi. Campuran ini umumnya terdiri dari dua macam yaitu untuk pemasangan dinding bata yang tertutup tanah, atau bak air agar tidak rembes dengan nilai campuran 1:4.

Kedua, yaitu jenis pemasangan dinding bata di atas tanah yang umum dalam pembuatan konstruksi. Nilainya yaitu 1:6.

2.  Campuran Pasir Untuk Plesteran

Selain itu, kombinasi pasir dan semen juga biasanya digunakan untuk campuran pembuatan plesteran dinding. Ada dua jenis plesteran yang biasanya menjadi campuran tersebut, yaitu plesteran untuk dinding dengan campuran pasir dan bahan bangunan semen dengan perbandingan 4:1.

Kedua yaitu jenis plesteran dinding dengan campuran pasir dan bahan bangunan yang terbuat dari semen. Nilai perbandingannya yaitu 6:1. Cocok untuk memplester dinding bata yang ada di bagian atas tanah.

3.  Campuran Beton

Campuran ini tergolong rumit karena digunakan sebagai pondasi. Selain pasir, juga dibutuhkan campuran batu split agar pondasinya menjadi lebih kokoh. Campuran untuk beton ini umumnya menggunakan perbandingan 1:2:3 (semen : pasir : batu split).

Namun, untuk kebutuhan khusus, bisa juga menggunakan perbandingan berikut 1:1,5:2,5 (semen : pasir : batu split).

Rekomendasi Semen Terbaik Untuk Konstruksi

Campuran di atas akan semakin sempurna jika Anda memilih semen berkualitas terbaik. Salah satunya yaitu Semen Tiga Roda yang merupakan salah satu semen terbaik yang bisa Anda pilih untuk pembuatan rumah, dan lainnya.

Semen Tiga Roda mudah kering dan memiliki daya rekat yang bagus. Selain itu, brand semen yang satu ini, sudah dikenal sejak lama, dan juga sudah memiliki label SNI.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar semen adukan. Dengan penghitungan di atas, adukan Anda bisa menjadi lebih baik dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.