5 Faktor yang Menentukan Kualitas dan Harga Berlian Asli


Selain emas, berlian menjadi primadona lainnya yang dipilih banyak orang ketika akan berinvestasi. Hal tersebut tidak lain lantaran berlian adalah instrumen investasi yang bebas dari inflasi, memiliki harga yang stabil, dan mudah disimpan. Tidak hanya itu saja, investasi berlian asli dalam bentuk perhiasan bisa menunjang penampilan Anda dalam berbagai kesempatan. 

Namun harga berlian yang tinggi membuat Anda harus cermat ketika akan membelinya. Ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kualitas dan harga berlian agar bisa melakukan pertimbangan. Dengan pertimbangan yang baik maka investasi dalam bentuk berlian tidak akan merugikan. Langsung saja, berikut ini 5 faktor yang bisa mempengaruhi kualitas dan juga harga berlian:



  • Carat Weight atau Berat Carat

Anda mungkin sudah mengenal cara pada perhiasan emas. Namun dalam berlian juga dikenal istilah carat dengan penilaian yang berbeda dari emas. Pada berlian, 1 carat memiliki nilai sebesar 100 points. Perlu Anda ketahui bahwa carat berlian berbeda dengan ukuran. Jadi dua berlian yang sama-sama bernilai 2 carat bisa memiliki penampilan dan ukuran berbeda. Biasanya carat juga tergantung dari potongan berlian. Semakin tinggi nilai karat maka semakin berkualitas berlian yang Anda miliki.

  • Clarity atau Kejernihan

Faktor kedua yang berpengaruh pada kualitas dan harga berlian asli adalah clarity atau kejernihan. Faktor ini menggambarkan seberapa jernih sebuah berlian. Berlian yang jernih tidak memiliki cacat dan inklusi yang bisa menyebabkan kilauannya berkurang. Namun sayangnya inklusi dari berlian tidak bisa dilihat oleh orang awam. Dibutuhkan bagan yang disebut Diamond Clarity Chart untuk mengetahui kejernihan berlian.

  • Cutting atau Pemotongan

Berlian perlu dipotong untuk membentuk berlian kasar menjadi berlian yang lebih halus. Pemotongan yang baik bisa menghasilkan efek seperti kilauan, kecemerlangan, dan kilap yang tinggi. Berlian harus dipotong dengan proporsi tertentu untuk dapat memantulkan cahaya sesuai keinginan. Beberapa potongan berlian yang ada di pasaran yaitu radiant cut, round cut, oval cut, shallow cut, dan lain sebagainya.

  • Color atau Warna

Warna atau color mempengaruhi kualitas dan harga dari berlian karena berkaitan dengan kualitas dan kelangkaan. Ada dua jenis warna berlian di pasaran yaitu warna alami dan buatan. Warna alami memiliki kualitas terbaik dan harga mahal karena terbentuk selama ribuan tahun melalui proses kristalisasi. Sedangkan warna sintetis atau buatan diciptakan di laboratorium buatan manusia. 

  • Certificate atau Sertifikat

Berlian berkualitas dan asli memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga penilaian berlian. Beberapa lembaga kredibel yang bertugas menilai berlian di antaranya Gemological Institute of America (GIA), International Gemological Institute (IGI), dan European Gemological Laboratory (EGL). Perhiasan berlian yang memiliki sertifikat dari lembaga kredibel tersebut terjamin keasliannya. Selain itu, adanya sertifikat juga membuat harganya lebih mahal karena proses penilaian tidak mudah.

Itulah beberapa faktor yang menentukan kualitas serta harga dari berlian asli yang Anda beli. Jadi Anda tidak boleh kaget apabila harga beli berlian tinggi karena kualitasnya berbeda-beda. Salah satu toko perhiasan kredibel yang menjual perhiasan berlian yang asli adalah The Palace Jeweler. Brand The Palace sendiri berada di bawah PT. Central Mega Kencana sehingga Anda tidak perlu meragukan keasliannya.

Selain asli, koleksi perhiasan The Palace memiliki kelebihan lainnya seperti unik, memiliki makna mendalam, tersedia dalam banyak pilihan, dan lain sebagainya. Pembelian perhiasan bisa dilakukan langsung di toko fisik The Palace Jeweler. Jika tidak memiliki kesempatan datang ke toko, Anda bisa membeli secara online. Website resmi dari The Palace Jeweler yaitu thepalacejeweler.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.