Si Kecil Susah Tidur? Yuk Atasi dengan Ini

Melihat Si Kecil yang sulit tidur memang membuat hati sedih. Bagaimana tidak, Si Kecil harus memiliki waktu yang cukup untuk istirahat yang cukup. Namun, terdapat beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan anak susah tidur. Masalah ini merupakan permasalahan yang serius. Banyak yang akan ditimbulkan jika masalah ini terjadi. 

Nah, untuk itu Mam harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah kesulitan tidur Si Kecil ini. berikut penjelasannya. 

Tips mengatasi anak sulit tidur

Ciptakan jam bangun dan tidur yang konsisten

Menciptakan jadwal bangun dan pergi tidur yang konsisten merupakan salah satu langkah awal yang sangat penting, bagi Si Kecil yang kesulitan tidur di malam hari. Pasalnya, jika Si Kecil memiliki jam tidur yang terjadwal dengan baik, tubuhnya akan ikut membiasakan diri. Pastikan untuk menjadwalkan jam tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Bahkan di hari libur. Namun, Mam harus tahu durasi tidur malam yang ideal bagi Si Kecil. Butuh sekitar 9-11 jam sehari untuk jam tidur ideal anak usia sekolah dasar. 

Ciptakan kamar tidur yang nyaman 

Mam bisa menciptakan kamar tidur yang nyaman untuk Si Kecil. Misalnya dengan meletakkan benda-benda kesayangannya seperti boneka dan mainan lainnya. Mam juga bisa menata ulang interior kamar agar lebih rapi. Mam juga harus memastikan agar kamar Si Kecil selalu bersih. Selain itu, perhatikan pencahayaan kamarnya dengan memiliki lampu khusus untuk tidur. Pasalnya, Si Kecil akan dengan mudah merasa kantuk ketika cahaya dalam kamarnya redup. 

Namun, terdapat hal yang harus dihindari, seperti meletakkan barang elektronik (televisi, gadget, dll) dalam  kamarnya. Benda tersebut dapat merangsang otak Si Kecil untuk tetap aktif dan melewatkan jam tidurnya. 

Batasi jam tidur siangnya

Si Kecil memang membutuhkan jam tidur siang untuk mencukupi kebutuhan istirahatnya. Namun, Mam perlu memperhatikan lama waktu tidur siangnya. Biasanya, jika Si Kecil memiliki waktu tidur yang terlalu lama saat siang hari, anak susah tidur saat malam tiba. Batasilah waktu tidur siangnya dengan maksimal 30 menit dan pastikan untuk tidur sebelum jam 3 sore. Meski hanya sebentar, tidur ini dapat memperbaiki mood, fokus, dan energinya. 

Ciptakan rutinitas sebelum tidur

Luangkanlah waktu untuk persiapan tidur Si Kecil selama kurang lebih 90 menit sebelum tidur. Misalnya, Si Kecil biasa tidur jam 8, hentikan aktivitas yang memberatkan pada jam 7 malam. Lakukanlah aktivitas seperti mengerjakan pr, belajar, dan lain-lain pada jam 6 sore. 

Gunakanlah waktu luang ini untuk persiapan tidur, seperti bebersih, menggosok gigi, minum susu, hingga Mam membacakan buku cerita untuknya. Rutinitas ini untuk merilekskan diri dan pikiran anak agar dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, hal ini juga mengingatkannya untuk segera tidur. 

Lakukan hal sederhana 

Apabila Si Kecil tak dapat tidur setelah 10-20 menit memejamkan mata, Mam bisa melakukan hal sederhana untuknya. Mam bisa mengajaknya berkomunikasi seperti membacakan buku cerita dan mengajaknya mengobrol ringan.

Mam juga bisa bertanya mengapa Si Kecil belum bisa tidur. Hal ini akan mempermudah Mam mencarikan solusi untuk mengatasi insomnianya. 

Batasi konsumsi makanan sebelum tidur

Mam harus menghindari Si Kecil makan dalam porsi yang terlalu banyak sebelum tidur. Berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik hingga ke tenggorokan. Hal ini akan mengakibatkan perut mulas serta tenggorokan terasa terbakar pada anak. Maka, anak akan mudah bangun di tengah malam.

Nah, itulah tips mengatasi Si Kecil yang susah tidur. Semoga membantu.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.